Ini 3 Alasan Mengapa Mompreneur Perlu Bergabung dengan Komunitas Ibu. Image

Ini 3 Alasan Mengapa Mompreneur Perlu Bergabung dengan Komunitas Ibu

Menjadi mompreneur masa kini tak cukup hanya dengan modal kegigihan dan finansial. Para mompreneur juga membutuhkan koneksi dan dukungan moral yang kuat, yang keduanya bisa didapat ketika mereka bergabung dalam komunitas Ibu.

Faktanya, sebuah survei yang diterbitkan oleh The Guidant Financial pada 2018 menemukan, bahwa 31% wanita merasa bahwa “kurangnya support system” adalah salah satu faktor yang mempersulit mereka untuk merintis dan mengembangkan usaha.

Di Amerika Serikat, bergabungnya para mompreneur dengan komunitas adalah hal yang lumrah. Ada banyak komunitas Ibu mompreneur yang cukup populer misalnya, CEO Mom Magazine, Business Among Moms (BAM), HeyMama dan masih banyak lagi. Platform-nya beragam, namun tujuannya sama, yaitu sebagai wadah dan support system mompreneur.

Bagaimana di Indonesia?  Beberapa komunitas Ibu kini dengan mudah dapat ditemukan,  namun masih sedikit yang  memiliki visi untuk mengasah skill Ibu sebagai mompreneur. Salah satunya, adalah Komunitas Ibu2Canggih (@ibu2canggih), yang memiliki 1200 anggota dari berbagai kota besar di Indonesia. 

Bagi para anggotanya, bergabung dengan Komunitas Ibu2Canggih memiliki beragam keuntungan yang tak bisa didapatkan dari komunitas Ibu biasa. Apa saja ya? 

Komunitas Ibu adalah sumber informasi dan koneksi

Layaknya ensiklopedia digital, komunitas Ibu di Instagram dapat memudahkan mompreneur untuk saling berbagi tips dan informasi, baik seputar parenting, bisnis, hingga tren terkini. Komunitas Ibu dengan juga akan memudahkan mompreneur untuk membangun relasi dan jaringan baru dalam berbisnis. 

Selain berbagi informasi sesama ibu, komunitas yang aktif biasanya sering mengadakan event yang bertujuan untuk berbagi ilmu baru untuk para mompreneur, dengan mendatangkan expert atau pelaku bisnis yang inspiratif.

Di Komunitas Ibu2Canggih, para anggotanya dapat mengikuti beragam event pelatihan online dengan expert di bidang parenting, financial keluarga, maupun personal branding hingga teknik pemasaran online. Tak hanya itu, mereka juga mendapatkan informasi terkini tentang peluang penghasilan tambahan, misalnya melalui program reseller yang diadakan oleh brands tertentu yang bekerjasama dengan Ibu2Canggih.

Komunitas Ibu baik untuk brand awareness

Seperti yang telah dibahas sebelumnya di sini, bergabung dalam komunitas Ibu di Instagram dapat meningkatkan brand awareness, serta mempermudah para mompreneur untuk memperoleh feedback dan insight yang lebih mendalam terhadap produk/jasa yang mereka tawarkan.

Komunitas Ibu dengan jumlah pengikut yang besar akan memberikan mompreneur akses untuk mempromosikan usaha mereka dengan cost yang lebih murah, namun dengan jangkauan pasar yang lebih luas dan dengan feedback yang lebih cepat.

Sebagai contoh, para anggota Ibu2Canggih mendapatkan kesempatan untuk di-highlight dan mempromosikan usaha serta cerita inspiratif mereka  mereka dalam akun Instagram Ibu2Canggih, yang saat ini memiliki 31k pengikut.

Komunitas Ibu adalah support system yang berharga

Menjadi mompreneur adalah pengalaman yang menantang. Ibu harus siap menghadapi berbagai ups and downs dalam berbisnis, yang dilakukan bersamaan dengan mengurus rumah tangga dan membesarkan anak.

Di sinilah peran komunitas Ibu berperan besar terhadap kesehatan mental mompreneur. Peranan komunitas telah banyak diteliti sedari dulu, misalnya dilakukan oleh University of Washington pada 1983, yang menemukan bahwa para Ibu yang tidak mendapatkan support kuat dari komunitas tertentu biasanya akan memiliki level stress yang lebih tinggi, serta mudah pesimis.

Women support women. Semangat itulah yang ada dalam komunitas Ibu, dan dapat berpengaruh besar terhadap kesuksesan usaha mompreneur. Seperti diakui oleh salah satu anggotanya, Lisna Ginawati.  “Selama menjadi anggota Ibu2Canggih, saya mendapat banyak ilmu seputar bisnis dan support dari sesama mompreneur. Terima kasih ya sudah mewadahi kami.”

Nah, penasaran ingin tahu lebih lanjut tentang Komunitas Ibu2Canggih? Klik di sini atau kunjungi dan follow akun Instagram @ibu2canggih. Anda juga dapat mengklik tautan ini untuk berdiskusi mengenai servis lain dari BERT’s. 

Artikel Terkait

3 Strategi Jitu Menjangkau Komunitas Anak Muda untuk Maksimalkan Branding
Community Marketing
3 Strategi Jitu Menjangkau Komunitas Anak Muda untuk Maksimalkan Branding
Ketika membicarakan branding, pebisnis tidak boleh menutup mata terhadap potensi komunitas anak muda yang kini populer dengan sebutan generasi Z...
23 Jul 2021
4 Cara Meningkatkan Traffic Website Lewat Komunitas Online
Community Marketing
4 Cara Meningkatkan Traffic Website Lewat Komunitas Online
Untuk menarik massa ke website atau marketplace Anda, tidak cukup hanya dengan membuat konten yang bagus atau produk berkualitas semata...
16 Jul 2021
Ingin Branding di Komunitas Orangtua Millennial, Ini 3 Hal yang Perlu Anda Ingat
Community Marketing
Ingin Branding di Komunitas Orangtua Millennial, Ini 3 Hal yang Perlu Anda Ingat
Melakukan branding terhadap sebuah produk perlu strategi marketing khusus agar berjalan maksimal. Salah satu jalan yang dapat Anda tempuh ialah...
09 Jul 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 3 =