fbpx Komunitas Mampu Sukseskan Kampanye Ramadhan Brand Kecantikan | BERT's
Komunitas Mampu Sukseskan Kampanye Ramadhan Brand Kecantikan. Image

Komunitas Mampu Sukseskan Kampanye Ramadhan Brand Kecantikan

Momen Ramadhan selalu dirayakan semarak oleh masyarakat tanah air. Beragam cara dilakukan untuk menyambut bulan suci, salah satunya dengan berbelanja kebutuhan pokok.

Namun, tren belanja produk kecantikan seperti skincare dan makeup juga turut meningkat signifikan selama bulan Ramadhan. Hal ini diketahui melalui survei yang dilakukan BERTs pada lebih dari 500 anak muda yang tergabung dalam komunitas Geng Glowing, komunitas yang menjadi wadah berbagi tips skincare dan makeup dengan lebih dari 259 ribu beauty enthusiast di Instagram.

Bersamaan dengan smartphone dan media sosial yang menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan milenial dan gen Z, momen ini tentunya menawarkan peluang unik bagi brand kecantikan agar lebih dekat dengan para pelanggan secara online. 

Kapan Glowers Membeli Skincare dan Makeup?

Uniknya, walau pembelian produk skincare dan makeup sama-sama meningkat selama bulan Ramadhan, tetapi lonjakan pembelian keduanya terjadi dalam waktu berbeda. 

Untuk skincare, sebanyak 3 dari 5 glowers (60.4 persen) membelinya sebelum memasuki bulan Ramadhan. Alasannya beragam, mulai dari bertujuan mempersiapkan kulit agar tetap sehat selama berpuasa sehingga bisa tampil cantik saat hari raya tiba, hingga berburu promo yang biasanya bermunculan menjelang Ramadhan.

Sementara itu, hampir separuh glowers (43.2 persen) baru membeli makeup saat mendekati lebaran. Mereka menahan pembelian makeup karena memprioritaskan skincare yang digunakan secara rutin. Alasan lainnya, mereka menunggu Tunjangan Hari Raya (THR) cair  sehingga pembelian baru dilakukan menjelang lebaran.

Tren Belanja Produk Kecantikan Melalui Live Shopping Meningkat

Kehadiran live shopping yang marak selama beberapa tahun terakhir turut memengaruhi keputusan glowers dalam berbelanja produk kecantikan. Sebanyak 84 persen di antara mereka sepakat bahwa live shopping mampu meningkatkan minat belanja produk kecantikan. 

Menurut laporan McKinsey, live shopping dapat membantu brand dalam meningkatkan konversi dengan mengakselerasi customer journey, terlebih dengan penggunaan taktik yang bersifat time-limited, seperti diskon flash sale. Ini selaras dengan hasil survei BERTs, di mana 82 persen glowers memilih belanja lewat live shopping karena mengincar promo menarik.

Selain itu, live shopping juga dapat meningkatkan daya tarik dan memperkuat posisi brand, terutama jika menargetkan generasi muda seperti gen z yang menyukai pemasaran inovatif. Jika dilakukan dengan baik, live shopping dapat meningkatkan peluang brand untuk menjadi top of mind brand.

Istirahat Jam Makan Siang dan Malam Hari Setelah Terawih Merupakan Waktu Paling Senggang Para Glowers 

Selama Ramadhan, malam hari sekitar pukul 20.00 WIB setelah melaksanakan ibadah terawih dan selama istirahat jam makan siang sekitar pukul 12.00 – 13.00 WIB menjadi waktu paling senggang sebagaimana disepakati 34,6 persen glowers. Hal ini wajar lantaran jam makan siang menjadi kosong selama Ramadhan karena para glowers berpuasa.

Di masa-masa senggang ini, sebanyak 89 persen glowers menghabiskan waktu dengan berselancar di media sosial. Disusul oleh nonton video di YouTube atau TikTok yang dilakukan oleh 65.2 persen glowers. Kemudian 30.8 persen dan 16.4 persen di antaranya juga melakukan window shopping dan shopping.

Catatan untuk Brand

Berdasarkan hasil survei, ada beberapa poin yang bisa dipertimbangkan dalam menyusun rencana kampanye marketing, khususnya selama bulan Ramadhan.

  1. Media sosial merupakan salah satu channel promosi yang seksi lantaran banyak digunakan orang untuk menghabiskan waktu luang selama Ramadhan
  2. Kampanye marketing skincare dapat mulai digencarkan sebelum memasuki Ramadhan. Brand bisa membuat promo menarik, seperti bundling Ramadhan untuk semakin meningkatkan penjualan. Sementara itu, kampanye marketing kosmetik bisa mulai digencarkan di minggu ke-3 dan ke-4 lebaran atau waktu di mana THR mulai mencair. 
  3. Strategi pemasaran dengan live shopping bisa dicoba menggunakan Key Opinion Leader (KOL). Jika tertarik melakukan live shopping, maka pilihlah waktu yang tepat seperti saat jam istirahat makan siang atau malam hari setelah terawih

Sukseskan Kampanye Ramadhan Anda Bersama Komunitas Geng Glowing

Strategi marketing yang menggandeng komunitas kecantikan secara online menjadi strategi yang dapat dilirik brand kecantikan untuk menyukseskan kampanye Ramadhan. Mengapa demikian?

Dengan menggandeng komunitas kecantikan, brand dapat menyasar audiens yang lebih relevan sehingga key message dapat tersampaikan dengan baik dan audiens terdorong untuk melakukan konversi. 

Terhubung dengan komunitas juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand sehingga hubungan jangka panjang dapat terbangun. Ini berpotensi meningkatkan loyalitas pelanggan dan memungkinkan brand menerima promosi word of mouth

Terlebih, review produk dan usulan orang terdekat, seperti teman sesama anggota komunitas menjadi salah satu aspek yang sangat memengaruhi keputusan berbelanja menurut studi Pusat Riset Spiegel.

Bersama Geng Glowing, brand dapat menjalankan strategi marketing komunitas untuk memasarkan produk kecantikan. Memiliki lebih dari 259 ribu followers di Instagram (@geng.glowing) dengan engagement rate sebesar 13.11 persen akun Instagram Geng Glowing menjadi wadah untuk menyajikan informasi seputar kecantikan di mana para beauty enthusiast yang tergabung di dalamnya sangat aktif berbagi tips, rekomendasi, hingga pengalaman.

Berbagai aktivasi yang sesuai dengan kebutuhan marketing Anda tersedia di sini. Mulai dari giveaway dan review produk oleh 800 Glowfluencers dengan range followers nano hingga mikro, content production dan placement di akun Instagram dan TikTok @geng.glowing, hingga melakukan digital event seperti IG Live dan visit offline event.

Tertarik untuk bekerja sama dengan skincare community Geng Glowing? Anda dapat mengirim pesan ke community@bertsolution.com atau WhatsApp ke (+62) 813 2603 5476. Untuk berdiskusi lebih lanjut dengan BERT’s, Anda dapat menghubungi kami melalui tautan ini atau klik di sini untuk mengetahui lebih dalam mengenai servis kami selengkapnya.

Artikel Terkait

Studi Perubahan Perilaku Konsumen Gen Z Selama Bulan Ramadhan dan Apa yang Bisa Dilakukan Brand
Community Marketing
Studi Perubahan Perilaku Konsumen Gen Z Selama Bulan Ramadhan dan Apa yang Bisa Dilakukan Brand
Menjelang Ramadhan, masyarakat khususnya anak muda yang termasuk dalam kategori gen z mengalami perubahan perilaku belanja yang cukup signifikan. Salah...
24 Mar 2023
Menurut Studi, Komunitas Dinilai Efektif dalam Mendongkrak Penjualan Online
Community Marketing
Menurut Studi, Komunitas Dinilai Efektif dalam Mendongkrak Penjualan Online
Terhubung dengan para konsumen merupakan hal yang fundamental bagi brand. Memanfaatkan komunitas dengan minat dan ketertarikan yang selaras dengan apa...
10 Jan 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *