Ide Konten Ramadhan untuk Optimalkan Digital Marketing Brand. Image

Ide Konten Ramadhan untuk Optimalkan Digital Marketing Brand

Selama Ramadhan, banyak brand berlomba-lomba menjalankan strategi marketing berbeda untuk menyesuaikan momen di bulan suci ini. Berbagai ide konten Ramadhan pun dieksekusi, mulai dari membuat ucapan, diskon spesial Ramadhan, resep takjil, dan sebagainya.

Maraknya penyesuaian konten yang dilakukan brand tidak lepas dari behavior masyarakat Indonesia selama Ramadhan. Menurut hasil survey Think Marketing Magazine, audiens akan lebih bersemangat untuk terlibat dengan brand yang mengunggah konten dengan suasana Ramadhan.

Situs marketing.twitter.com juga memprediksi audiens akan menggunakan media sosial lebih sering selama Ramadhan. Sebagian besar dari mereka mengakses medsos untuk hiburan (67%) dan sebagian lainnya (36%) untuk berbelanja online. 

Ide marketing lewat konten Ramadhan

Meski Ramadhan merupakan bulan suci umat Islam, konten Ramadhan tidak harus melulu bernuansa religi. Anda bisa juga menghadirkan isi konten yang sifatnya lebih general, seperti meme membangunkan sahur, mengingatkan momen kebersamaan keluarga, refleksi diri, dan lain-lain. 

Selain memperhatikan isinya, ada beberapa hal yang juga harus Anda cermati saat mengunggah konten Ramadhan di akun media sosial brand Anda, seperti:

  1. Unggah konten hiburan yang santai jelang berbuka

Jelang berbuka puasa adalah saat-saat ‘kritis’ ketika energi banyak orang sudah mulai habis. Di sinilah Anda dapat mengunggah konten yang tone-nya santai dan menghibur. 

Anda bisa mengajak mereka untuk bermain games santai seperti tebak gambar, cari kata, atau bingo. Ide ini dapat membangun interaksi positif antara brand dengan audiens sekaligus meningkatkan engagement rate media sosial Anda. 

  1. Manfaatkan “Prime-time” 

Menurut Criteo, tingkat sales di e-commerce mengalami kenaikan yang signifikan selama bulan Ramadhan, baik saat pagi atau malam hari. Bahkan ketika sahur, masyarakat tetap bisa menyempatkan waktu untuk belanja online. Berdasarkan data, terjadi kenaikan penjualan sebanyak 17% pada jam 4 pagi selama Ramadhan dibanding hari biasa.

Meskipun demikian, Anda tetap bisa memanfaatkan waktu jam istirahat siang maupun setelah berbuka puasa. Jangan lupa juga untuk mengenali karakteristik audiens Anda sesuai platform media sosial yang ulasannya dapat Anda baca lebih lengkap di artikel ini.

  1. Membuat giveaway

Konten Ramadhan berupa giveaway bukan hanya dapat meningkatkan engagement rate, tapi juga menarik followers baru. Pastikan untuk membuat syarat dan ketentuan giveaway yang dapat membantu menjangkau calon followers baru, seperti tag 3 teman atau share konten giveaway ke IG Story.

Maksimalkan ide konten Ramadhan bersama Bert’s

Masih bingung dalam menentukan konten Ramadhan yang tepat untuk campaign Anda? Anda dapat melibatkan digital marketing agensi untuk membantu memenuhi target Key Performance Indicators (KPI) Anda. 

Di BERT’s, kami telah berkolaborasi dengan berbagai perusahaan dalam menyusun berbagai konten secara digital. Kami menyediakan servis seperti digital activation, KOL dan influencer marketing, hingga bekerja sama dengan berbagai komunitas lintas generasi. Untuk melihat servis kami selengkapnya, Anda bisa klik di sini. 

BERT’s juga memiliki beberapa inhouse community yang dapat langsung membantu Anda menjangkau lebih banyak audiens. Komunitas yang berada di bawah kami adalah Komunitas Ibu Canggih (Ibu2Canggih) yang berisi para ibu modern, Ikatan Generasi Anti Galau (Ikan.galau) yang berisi generasi millennial, serta Geng Glowing (geng.glowing) yang berisi para beauty enthusiasts.

Jika Anda ingin berdiskusi maupun menggunakan jasa kami, silakan mengirim e-mail ke busdev@bertsolution.com atau menghubungi kami melalui tautan berikut. Untuk membaca artikel-artikel kami lainnya, Anda dapat klik di sini.

Artikel Terkait

Hindari 4 Kesalahan dalam Marketing Ini Saat Melakukan Campaign
Digital Marketing
Hindari 4 Kesalahan dalam Marketing Ini Saat Melakukan Campaign
Tahukah Anda bahwa 80% rencana marketing yang dibuat oleh berbagai perusahaan berujung dengan kegagalan? Ya, hasil survei yang dipublikasikan oleh McKinsey...
04 Feb 2022
4 Strategi Jitu YouTube Marketing yang Harus Anda Kuasai
Digital Marketing
4 Strategi Jitu YouTube Marketing yang Harus Anda Kuasai
YouTube adalah salah satu platform digital terbesar dan paling banyak dikunjungi di dunia dengan tak kurang dari 2.2 miliar pengguna pada...
22 Jan 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × three =