4 Strategi Jitu YouTube Marketing yang Harus Anda Kuasai. Image

4 Strategi Jitu YouTube Marketing yang Harus Anda Kuasai

YouTube adalah salah satu platform digital terbesar dan paling banyak dikunjungi di dunia dengan tak kurang dari 2.2 miliar pengguna pada 2021. Angka ini menjadikan YouTube sebagai salah satu pilihan channel yang dapat mendatangkan kesuksesan bagi campaign brand Anda. Namun, Anda terlebih dahulu harus menguasai YouTube marketing. 

Youtube marketing adalah teknik pemasaran dengan memaksimalkan video sebagai konten utama dalam mempromosikan produk dan jasa. Tujuan akhirnya bisa berupa peningkatan brand awareness hingga konversi ke penjualan.

Laporan Digital 2021 menyebutkan bahwa 93,8% dari 170 juta pengguna internet di Indonesia adalah pengguna YouTube atau setara dengan 159,46 juta pengguna internet. Laporan yang sama juga menyebutkan bahwa rata-rata pengguna menghabiskan waktu pada platform YouTube sebanyak 25,9 jam setiap bulannya. 

Data tersebut dapat menggambarkan bagaimana platform YouTube memiliki peluang yang besar dalam keberhasilan dalam pemasaran bagi brand Anda jika dilakukan dengan tepat. Bagaimana caranya?

YouTube marketing, langkah kecil yang berdampak besar

Tidak semua konten video di YouTube yang bagus menjadi trending, viral, dan dibicarakan oleh banyak orang. 

“Anda harus mengimbangi kualitas video yang Anda hasilkan dengan strategi YouTube marketing yang tepat agar hasil campaign menjadi optimal.”

Beberapa strategi dasar yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan konten video Anda dalam melakukan sebuah campaign adalah sebagai berikut:

  1. Matangkan judul. Buatlah judul yang menarik supaya audiens mau untuk membuka video Anda. Anda juga dapat melakukan keyword research SEO untuk mendapatkan kata kunci yang dicari oleh orang banyak.
  2. Jangan lupa deskripsikan video Anda. Sebanyak 100 karakter pertama pada kolom deskripsi menjadi highlight bagi Anda untuk menjabarkan isi video demi menarik perhatian audiens. Anda juga dapat mengoptimalkan CTA (call to action) dengan melampirkan link untuk memudahkan audiens mencari produk Anda di situs perusahaan atau e-commerce.
  3. Jangan meremehkan tagar. Berikan tagar yang relevan dengan video Anda dan sesuaikan dengan kata kunci campaign Anda. Dalam Youtube marketing, tagar akan membantu mengelompokkan video Anda dengan video lain yang memiliki konten serupa.
  4. Pilih thumbnail yang menarik. Thumbnail atau sampul video adalah ibarat wajah dari konten promosi Anda di YouTube. Selalu gunakan thumbnail yang jelas dan menarik agar semakin banyak potential viewers yang tertarik untuk menyaksikan video Anda.

Anda juga dapat mengoptimalkan YouTube marketing dengan berkolaborasi bersama platform atau media sosial lain, seperti Instagram, Youtube, maupun TikTok. Semakin terintegrasi campaign Anda, semakin besar peluang reach dan exposure produk yang akan Anda raih.

Lakukan YouTube marketing bersama komunitas online

Sama halnya dengan campaign pada umumnya, Anda bisa melibatkan pihak ketiga dalam strategi YouTube marketing, misalnya komunitas. Pastinya, pilihlah komunitas online yang juga memiliki channel di media sosial dengan logo merah tersebut.

Tujuannya menggunakan komunitas adalah menjangkau lebih banyak audiens, terutama yang memiliki kesamaan karakteristik dengan target market dari brand Anda. Bersama komunitas, YouTube marketing Anda juga dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

“Salah satu komunitas yang memiliki channel YouTube adalah Komunitas Ibu Canggih (@Ibu2Canggih).”

Komunitas online ini terdiri dari ibu-ibu modern yang menggunakan media sosial untuk mendapatkan informasi seputar kebutuhan para ibu. 

Komunitas Ibu Canggih aktif di media sosial sejak Oktober 2020. Meski belum genap berumur 2 tahun, komunitas ibu ini sudah melakukan banyak kegiatan digital, seperti kelas online, workshop, hingga webinar bersama para expert untuk mengedukasi para ibu di seluruh Indonesia. Kegiatan tersebut dilakukan dengan menggunakan platform digital, salah satunya YouTube. 

Saat ini, YouTube dari Komunitas Ibu Canggih memiliki lebih dari 1,880 subscriber pada channel YouTubenya. Subscriber ini terus bertambah dengan rata-rata subscriber sebanyak 314 pengguna setiap bulannya. 

Hingga kini, channel YouTube Komunitas Ibu Canggih sudah memiliki total viewers sebanyak 224.960, dengan rata-rata 37.493 views per bulan. Jumlah impression yang dimiliki oleh Youtube ini ialah 172.095 atau rata-rata 28.682 per bulan.

Sampai saat ini, Komunitas Ibu Canggih juga sudah bekerja sama dengan sederet brand ternama, seperti Bebelac, Wardah, Aqua, Hometown Dairy, dan masih banyak lagi. Jika brand Anda ingin melibatkan Komunitas Ibu Canggih dalam YouTube marketing, Anda dapat mengirim pesan ke community@bertsolution.com atau WhatsApp ke (+62) 813 2603 5476. Untuk berdiskusi lebih lanjut dengan BERT’s, Anda dapat menghubungi kami melalui tautan ini atau klik di sini untuk mengetahui lebih dalam mengenai servis kami lainnya.

Artikel Terkait

Ide Konten Ramadhan untuk Optimalkan Digital Marketing Brand
Digital Marketing
Ide Konten Ramadhan untuk Optimalkan Digital Marketing Brand
Selama Ramadhan, banyak brand berlomba-lomba menjalankan strategi marketing berbeda untuk menyesuaikan momen di bulan suci ini. Berbagai ide konten Ramadhan...
15 Apr 2022
Hindari 4 Kesalahan dalam Marketing Ini Saat Melakukan Campaign
Digital Marketing
Hindari 4 Kesalahan dalam Marketing Ini Saat Melakukan Campaign
Tahukah Anda bahwa 80% rencana marketing yang dibuat oleh berbagai perusahaan berujung dengan kegagalan? Ya, hasil survei yang dipublikasikan oleh McKinsey...
04 Feb 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × 5 =