Hindari 4 Kesalahan dalam Marketing Ini Saat Melakukan Campaign. Image

Hindari 4 Kesalahan dalam Marketing Ini Saat Melakukan Campaign

Tahukah Anda bahwa 80% rencana marketing yang dibuat oleh berbagai perusahaan berujung dengan kegagalan? Ya, hasil survei yang dipublikasikan oleh McKinsey menyatakan demikian. Namun, Anda dapat meminimalisir kemungkinan buruk itu dengan berbagai langkah, termasuk belajar dari kesalahan dalam marketing agar tidak terjerembab pada lubang yang sama.

Dalam tahap awal marketing campaign, melakukan riset dan mengumpulkan data yang baik adalah kunci. Setelah itu, Anda wajib menginterpretasi dan menganalisa data tersebut untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat. 

Tanpa data dan analisa yang benar, Anda mungkin akan melakukan berbagai kesalahan dalam marketing yang biasa terjadi pada brand. Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut? 

Kesalahan dalam marketing yang biasa terjadi dalam sebuah campaign

Banyak hal yang bisa menjadi kesalahan dalam marketing sebuah campaign, beberapa yang kerap terjadi adalah sebagai berikut:

1. Mengakhiri campaign terlalu cepat

Masih banyak perusahaan yang ingin hasil instan sehingga tidak sabar dalam menunggu proses campaign. Ditambah, data hasil survei di Eropa menyatakan 57% responden setuju bahwa promosi jangka pendek membuat mereka lebih termotivasi untuk membeli produk di toko.

Tak pelak, banyak perusahaan yang ingin cepat-cepat melihat kenaikan grafik penjualan mereka. Pemikiran jangka pendek seperti inilah yang paling sering menjadi kesalahan dalam marketing sebuah campaign.

Faktanya, marketing campaign membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menampakkan hasil. Oleh karena itu, sebelum marketing campaign dilaksanakan, Anda perlu mengeset key performance indicators (KPI), timeline, serta mematangkan strategi terlebih dahulu agar campaign berjalan lebih terarah dan terukur.

Chart: Short Term Promotional

Source: brandactivation.com (https://brandactivation.com/theory/)

2. Tidak berkaca pada data

Terkadang, kegagalan dalam marketing sebuah campaign berasal dari pola pikir yang kurang bijaksana, seperti perusahaan yang bersikeras mengeluarkan dan mengeksekusi ide tanpa merujuk pada data. 

Di era digital marketing saat ini, data merupakan acuan untuk menjalankan marketing campaign. Dengan berkaca pada data, Anda bisa melihat tren yang sedang berlangsung dan dapat mempertimbangkan untuk mengikuti arus atau sebaliknya dengan menghadirkan breakthrough.

3. Kurang inovasi

Alasan berikutnya yang membuat begitu banyak terjadi kesalahan dalam marketing campaign adalah perusahaan masih kurang berinovasi. Perusahaan lebih memilih bermain aman daripada mencoba ide baru yang out of the box.

Faktanya, bermain aman mengikuti cara lama kerap tidak cukup untuk menutup persaingan dengan perusahaan lain sehingga mengakibatkan tidak adanya peningkatan dalam penjualan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk bereksperimen dengan taktik, strategi, dan pendekatan baru agar mendapatkan best practice demi hasil campaign yang lebih optimal.

4. Kurang fleksibel

Meski dengan perencanaan yang matang sekalipun, banyak faktor X yang dapat mengguncangkan campaign Anda di tengah jalan. Jika ini terjadi, Anda harus fleksibel dengan menjalankan plan B, plan C, dan seterusnya.

Fleksibilitas adalah kunci untuk mengembangkan marketing campaign. Oleh karena itu, mempertimbangkan masukan dari banyak pihak serta analisa campaign dengan melihat data. 

Hanya perusahaan yang mau mendengarkan masukan, berani bereksperimen, dan terbuka dengan pendekatan baru yang dapat bersaing di lingkungan marketing yang agresif. Apakah perusahaan Anda adalah salah satunya?

Digital marketing bersama BERT’s

Tidak ada campaign yang berhasil 100% sepanjang waktu.

Namun, Anda bisa belajar dari kesalahan dalam marketing di atas sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan campaign Anda di masa mendatang agar tidak terjebak di lubang yang sama.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam marketing adalah melibatkan marketing agensi untuk membantu campaign Anda. Di BERT’s, kami telah berkolaborasi dengan berbagai perusahaan dalam melakukan campaign, terutama secara digital.

Kami menyediakan servis yang memungkinkan setiap tujuan bisnis Anda menjadi mungkin, praktis, dan mudah dijangkau dengan menghubungkan Anda ke sumber daya yang tepat pada waktu yang tepat. Untuk melihat servis kami selengkapnya, Anda bisa klik di sini.

Tidak hanya itu, BERT’s juga memiliki beberapa komunitas online yang dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak audiens. Komunitas yang langsung berada di bawah kami ialah Komunitas Ibu Canggih yang berisi para ibu di Indonesia, Ikatan Generasi Anti Galau yang berisi generasi millenial, serta Geng Glowing yang berisi para beauty enthusiast.Jika Anda ingin berdiskusi maupun menggunakan jasa kami, Anda dapat mengirim e-mail ke busdev@bertsolution.com atau menghubungi kami melalui tautan berikut. Untuk membaca artikel-artikel kami lainnya, Anda dapat klik di sini.

Artikel Terkait

Ide Konten Ramadhan untuk Optimalkan Digital Marketing Brand
Digital Marketing
Ide Konten Ramadhan untuk Optimalkan Digital Marketing Brand
Selama Ramadhan, banyak brand berlomba-lomba menjalankan strategi marketing berbeda untuk menyesuaikan momen di bulan suci ini. Berbagai ide konten Ramadhan...
15 Apr 2022
4 Strategi Jitu YouTube Marketing yang Harus Anda Kuasai
Digital Marketing
4 Strategi Jitu YouTube Marketing yang Harus Anda Kuasai
YouTube adalah salah satu platform digital terbesar dan paling banyak dikunjungi di dunia dengan tak kurang dari 2.2 miliar pengguna pada...
22 Jan 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen + 12 =