Mengenal Karakteristik Audiens Dalam Berbagai Platform. Image

Mengenal Karakteristik Audiens Dalam Berbagai Platform

Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial seperti Instagram, Facebook, YouTube, dan TikTok, kini menjadi platform andalan bagi berbagai brand dalam menjangkau target audience mereka. Jika Anda adalah salah satunya, maka sangat penting untuk mengetahui karakteristik audiens dari setiap platform agar campaign berjalan lebih efektif dan efisien. 

Berdasarkan survei terkini, tak kurang dari 4,48 miliar orang atau setara dengan 56.8% dari total populasi dunia merupakan pengguna media sosial. Jumlah ini naik lebih dari 2 kali lipat dibanding catatan 2015, yakni 2,07 miliar pengguna medsos.

Dari segi komersial, angka tersebut merupakan potensi yang besar. Anda bisa menjangkau audiens sekaligus mendapatkan feedback langsung dari mereka sehingga evaluasi terhadap campaign dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. 

Untuk mencapainya, Anda terlebih dahulu harus mengetahui karakteristik audiens dari setiap platform agar jangkauan audiens sesuai dengan bisnis, produk, maupun layanan yang Anda tawarkan. Berikut, kami mengulas karakteristik audiens di 4 platform, yaitu Facebook, Instagram, YouTube, dan TikTok.

Karakteristik audiens Facebook

Dengan jumlah 3,51 miliar akun setiap bulannya, Facebook merupakan platform media sosial yang memiliki pengguna aktif terbanyak dibanding media sosial lain. Banyaknya pengguna aktif berbanding lurus dengan karakteristik audiens Facebook yang juga beragam, yaitu:

  • usia rata-rata pengguna ialah 25-34 tahun, sedangkan 49% pengguna harian berada dalam kelompok usia 25-49 tahun
  • 43,6% pengguna adalah perempuan, 56,4% pengguna adalah laki-laki
  • lebih menyukai tipe konten berbentuk video (rata-rata engagement rate 8,29%)
  • paling aktif pada Senin, Jumat, Sabtu, dan Minggu

Manfaatkan fitur Facebook Ads untuk menjangkau lebih banyak akun dengan karakteristik audiens yang Anda inginkan berdasarkan umur, lokasi, interest, dan lainnya. Anda juga dapat menghubungkan koneksi Facebook dengan platform lain, seperti Instagram dan aplikasi WhatsApp.

Karakteristik audiens Instagram

Instagram adalah media sosial yang telah didirikan sejak tahun 2010 dan dibeli oleh Facebook pada tahun 2012. Platform ini memiliki 1 miliar pengguna aktif dan terus bertambah setiap bulannya. Berikut karakteristik audiens Instagram:

  • 70% pengguna Instagram berusia di bawah 35 tahun, dengan usia dominan 25-34 tahun, diikuti oleh kelompok usia 18-24 tahun
  • 51,4% pengguna Instagram adalah perempuan
  • 90% pengguna mengikuti akun-akun brand atau brand-related content
  • pengguna aktif pada hari Senin dan Kamis

Anda dapat menggunakan berbagai Instagram tools yang dapat mendukung bisnis, seperti e-commerce shopping, pro business, product page snapppt. Selain tools, Anda juga bisa memaksimalkan Instagram Ads demi menjangkau audiens yang lebih banyak dan spesifik, mulai dari lokasi, umur, gender, dan ketertarikan. Anda juga dapat mengevaluasi perkembangan akun bisnis Anda menggunakan insights untuk melihat followers growth, impression, dan engagement rate

Karakteristik audiens YouTube

YouTube merupakan salah satu media sosial yang hadir dengan menonjolkan visual. Hingga Desember 2021, tak kurang dari 2,1 miliar akun menjadi pengguna aktif dengan karakteristik audiens sebagai berikut:

  • usia rata-rata pengguna YouTube adalah 15-35 tahun, dengan mayoritas penggunanya adalah dewasa dan millenial.
  • sebagian besar (56%) pengguna YouTube adalah laki-laki
  • 684.000 jam video ditonton setiap menitnya, artinya audiens lebih suka menyaksikan konten berbentuk video
  • audiens lebih suka mengakses YouTube pada hari Sabtu dan Minggu

Karakteristik audiens TikTok

Anda juga dapat menggunakan YouTube Ads agar terdeteksi di kolom search dan video. Sebuah studi menyatakan kombinasi ads ini akan meningkatkan 45% peluang brand Anda untuk diingat oleh user YouTube, bahkan menaikkan 43% kemungkinan produk Anda dibeli. Untuk memaksimalkan potensi ini, pastikan Anda menggunakan judul dan deskripsi video dengan keywords yang tepat sesuai karakteristik audiens yang Anda inginkan.

Pada 2020 lalu, TikTok menahbiskan diri sebagai aplikasi dengan jumlah download terbanyak, yakni 2 miliar kali secara global. Jika Anda ingin melakukan campaign lewat platform ini, pahami dulu karakteristik audiensnya, seperti:

  • sebagian besar audiensnya berusia 10-19 tahun (32,5%) dan 20-29 tahun (29,5%)
  • 60% penggunanya adalah perempuan 
  • audiens-nya aktif setiap hari
  • waktu terbaik untuk mengunggah konten adalah sore hari setelah jam pulang sekolah atau saat libur sekolah

Melihat karakteristik audiens TikTok, Anda tidak disarankan membuat konten yang terlalu serius dan terlalu berat untuk ditonton pengguna. Mirip dengan YouTube, audiens TikTok juga lebih menyukai konten berbentuk video dengan visual yang menarik.

Catatan dari BERT’s

Memahami karakteristik audiens dalam media sosial memang tidak mudah. Namun, dengan perhitungan matang dan strategi kampanye yang tepat, Anda dapat memaksimalkan media sosial untuk kepentingan bisnis.

BERT’s sendiri sudah banyak bekerja sama dengan brand dalam menentukan strategi kampanye yang tepat sesuai dengan platform dan karakteristiknya masing-masing. Jika Anda ingin berdiskusi lebih jauh atau menggunakan jasa kami untuk melakukan digital activation di media sosial, Anda dapat mengirimkan email ke busdev@bertsolution.com.
Ada juga dapat klik di sini untuk mengetahui lebih dalam tentang servis kami lainnya.

Artikel Terkait

Danone Indonesia dan Ibu2Canggih Ajak Para Ibu Sukseskan ‘Bersama Cegah Stunting’
Digital Activation
Danone Indonesia dan Ibu2Canggih Ajak Para Ibu Sukseskan ‘Bersama Cegah Stunting’
Target menurunkan angka stunting di Indonesia menjadi 14% pada 2024 butuh komitmen dari semua pihak, terlebih prevalensi balita stunting menurut SSGI 2021 masih...
01 Apr 2022
Tanda Kesehatan Mental Ibu Tidak Baik-Baik Saja
Digital Activation
Tanda Kesehatan Mental Ibu Tidak Baik-Baik Saja
Di masa pandemi COVID-19 ini, seorang ibu bukan hanya harus memperhatikan kesehatan fisik keluarga. Kesehatan mental ibu juga tidak boleh...
11 Feb 2022
4 Langkah Mencapai Work-Life Balance
Digital Activation
4 Langkah Mencapai Work-Life Balance
Istilah work-life balance kian populer belakangan ini, terutama di kalangan anak muda yang berstatus pekerja. Work-life balance sendiri mengacu pada...
02 Feb 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × 1 =