3 Strategi Marketing Skincare Paling Pas untuk Brand Anda di 2022. Image

3 Strategi Marketing Skincare Paling Pas untuk Brand Anda di 2022

Tren beauty and skincare telah tumbuh dan berkembang pesat menjadi kebutuhan konsumsi pasar dalam beberapa tahun terakhir. Perkembangan zaman yang serba digital saat ini juga membawa pengaruh bagi brand serta beauty influencer dalam memasarkan produk dengan mencoba berbagai strategi marketing skincare untuk menjangkau target pasar yang lebih luas, terutama melalui media sosial.

“Dilansir dari Statista, industri beauty and skincare akan punya nilai jual pasar global yang mencapai USD 189.3 miliar pada 2025. Angka ini naik cukup signifikan dibanding data pada tahun 2020 yakni USD 148.3 miliar.”

Anda pun bisa membawa brand skincare ke tingkat yang lebih tinggi. Bukan hanya menjangkau market lokal, Anda pun bisa melebarkan sayap ke pasar global asalkan dapat memaksimalkan campaign digital melalui berbagai platform dengan strategi yang tepat.

Strategi marketing skincare di 2022 yang perlu Anda pertimbangkan

Di 2022 ini, banyak brand skincare yang bersaing dalam menunjukan strategi marketingnya di media sosial. Berikut 3 strategi marketing skincare yang paling jitu dan viral di 2022 yang berhasil kami rangkum.

1. Social media marketing

Terdapat berbagai macam platform media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan lain-lain. Namun, apakah Anda tahu tipe konten seperti apa yang tepat untuk digunakan di masing-masing platform tersebut? 

Di Instagram, misalnya, Anda bisa memanfaatkan fitur reels untuk mempromosikan campaign selain juga feed dan story. Sedangkan pada aplikasi TikTok, Anda bisa membuat video pendek dengan durasi maksimal 3 menit. Dalam melakukan social media marketing, Anda juga harus mengetahui karakteristik audiens dari masing-masing platform yang Anda tuju. Untuk ulasan lebih lengkap mengenai karakteristik audiens tersebut, Anda dapat membacanya pada artikel ini.

2. Go beyond giveaways

“Melakukan giveaway atau bagi-bagi hadiah memang masih menjadi primadona dalam strategi marketing skincare. Namun, brand Anda sebaiknya jangan terjebak dengan mengandalkan giveaway semata, terutama dalam mempertahankan loyalitas customer Anda.”

Selain mengadakan giveaway, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivasi digital, seperti demo produk, kelas online, tutorial, challenge, games, dan lain sebagainya. Sesuaikan digital activation ini dengan budget brand Anda.

3. Manfaatkan skincare community

Jangkau lebih banyak target dengan melakukan kampanye dalam bentuk kerjasama dengan komunitas. Bersama komunitas, Anda dapat melakukan berbagai macam digital activation yang bisa dilakukan bersama, termasuk giveaway, demo, challenge, dan lain-lain.

Bersama komunitas, Anda dapat memperkenalkan merek Anda kepada member mereka sehingga Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Bekerja sama dengan komunitas juga memungkinkan Anda mengetahui dan memahami hal yang customer Anda butuhkan atau inginkan terhadap kualitas produk Anda secara spesifik.

Mengenal lebih dalam Strategi Marketing Skincare bersama Geng Glowing

Jika Anda tengah mencari komunitas skincare dalam rangka menjalankan strategi marketing skincare, Anda dapat merangkul Geng Glowing. Geng Glowing adalah sebuah komunitas beauty dan skincare yang kini memiliki lebih dari 23K followers di Instagram (@geng.glowing). Para membernya pun aktif memberikan komentar, sharing pengalaman, maupun saran untuk anggota komunitas yang lain dengan rata-rata engagement rate 21.72%.

Dalam merancang strategi marketing, terutama dalam dunia digital dan media sosial, Komunitas Geng Glowing ini dapat dijadikan sebagai channel promosi yang baik. Meski belum genap berusia 1 tahun, Geng Glowing sudah bekerja sama dengan beberapa brand besar, seperti Wardah, MakeOver, Ryoona, Whitelab, White Story, Everwhite maupun brand di luar skincare dan kosmetik seperti Johnson & Johnson serta Mizone.

Tertarik untuk bekerja sama dengan skincare community Geng Glowing? Anda dapat mengirim pesan ke community@bertsolution.com atau WhatsApp ke (+62) 813 2603 5476. Kami juga menyediakan servis aktivasi digital lainnya, mulai dari social media activation hingga web revamping. Untuk berdiskusi lebih lanjut dengan BERT’s, Anda dapat menghubungi kami melalui tautan ini atau klik di sini untuk mengetahui lebih dalam mengenai servis kami selengkapnya.

Artikel Terkait

Digital Campaign Adalah Kunci Marketing, Cek 4 Strateginya
Brand Marketing
Digital Campaign Adalah Kunci Marketing, Cek 4 Strateginya
Perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini menjadikan strategi marketing banyak yang bertransformasi ke arah digital seiring dengan meningkatnya tren...
20 May 2022
Rekomendasi 4 Body Care Terbaik yang Bikin Kulit Glowing
Brand Marketing
Rekomendasi 4 Body Care Terbaik yang Bikin Kulit Glowing
Selain wajah, kesehatan kulit tubuh juga memiliki peran yang sama pentingnya. Berbagai brand produk skincare pun punya rangkaian body care...
13 May 2022
Fenomena Artis Korea yang menjadi Brand Ambassador Skincare Lokal
Brand Marketing
Fenomena Artis Korea yang menjadi Brand Ambassador Skincare Lokal
Saat ini, Korean wave atau demam Korea, mulai dari K-Drama (drakor), fashion, hingga K-Pop, menjadi fenomena yang terjadi pada semua...
29 Apr 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twelve − 7 =