Digital Campaign Adalah Kunci Marketing, Cek 4 Strateginya. Image

Digital Campaign Adalah Kunci Marketing, Cek 4 Strateginya

Perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini menjadikan strategi marketing banyak yang bertransformasi ke arah digital seiring dengan meningkatnya tren digital campaign.  Di zaman sekarang, digital campaign adalah salah satu hal fundamental yang perlu dipelajari dan dilakukan oleh setiap brand agar produknya semakin dikenal masyarakat. Mengapa demikian?

Berdasarkan riset yang dilakukan Statista, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna internet tertinggi di dunia. Sebanyak 171 juta penduduk Indonesia adalah pengguna internet aktif dan lebih dari 60% penduduk dilaporkan mengakses internet secara rutin dari ponsel mereka. 

Tingginya ketergantungan penduduk Indonesia terhadap internet menjadi kesempatan emas bagi brand untuk memasarkan produknya secara online. Alhasil, kondisi ini mendorong banyak brand untuk merubah strategi marketingnya dari konvensional ke digital.

Jika Anda ingin meningkatkan awareness brand Anda dan memperoleh keuntungan yang signifikan, digital campaign adalah opsi yang efektif karena kekuatannya mampu menjangkau target audiens dengan tepat dan cepat.

Ingin tahu strategi agar digital campaign Anda sukses? Simak penjelasannya di bawah ini.

4 Strategi Agar Digital Campaign Anda Sukses

Berikut adalah 4 strategi kunci yang dapat mendorong kesuksesan digital campaign Anda

1. Tentukan Tujuan Digital Campaign

Pertama-tama, Anda perlu menentukan tujuan yang ingin dicapai dari campaign tersebut. Umumnya, setiap brand ingin meningkatkan brand awareness. Namun, strategi yang direncanakan juga harus memiliki dasar kuat sesuai data yang sudah diriset sebelumnya dengan berkaca pada target market yang ingin dituju.

2. Identifikasi Target Market

Mengetahui target market yang ingin dituju dalam digital campaign adalah hal yang penting agar campaign Anda tepat sasaran. Jika digital campaign tidak sesuai dengan demografis target Anda, maka tujuan dari campaign tersebut akan sulit dicapai.

Cara mudah untuk mengidentifikasi target market brand bisa didapatkan dari interaksi dan insight di media sosial. Jika Anda ingin menjangkau target market baru, Anda juga perlu memastikan bahwa arah dari digital campaign yang direncanakan tetap merangkul loyal customer.

3. Buat Konten Campaign yang Kreatif

Kreativitas dan inovasi pada konten digital campaign adalah kunci agar brand Anda menonjol dan dapat bersaing dengan kompetitor. Kreativitas yang ditunjukkan pada campaign juga bermanfaat untuk menarik perhatian calon konsumen.

Anda bisa memanfaatkan berbagai bentuk media dalam menuangkan kreatifitas digital campaign Anda. Misalnya, dengan menggunakan variasi video, gambar, atau GIF. Selain itu, Anda juga dapat membuat konten-konten yang sedang trending dan menggandeng KOL yang digandrungi target market brand Anda agar engagement meningkat.

4. Siapkan Budget yang Realistis

Budget dalam digital campaign adalah hal yang sangat penting, namun sering dinomorduakan. Padahal, menyiapkan budget yang realistis sama pentingnya dengan menentukan tujuan campaign itu sendiri. 

Biasanya, budget akan digunakan untuk biaya partnership dengan KOL atau aktivasi digital ads. Kenapa harus realistis? Budget yang realistis bisa menentukan kualitas dari campaign yang akan diluncurkan. Selain itu, brand juga dapat menilai seberapa berhasilnya digital campaign dari budget yang akan dikeluarkan. Jadi, rencanakan budget campaign Anda dengan matang, ya!

Ingin Digital Campaign Anda Sukses? BERT’s Siap Membantu!

Tak ingin repot-repot memikirkan strategi digital campaign? Serahkan saja semuanya ke BERT’s. Kami punya segudang pengalaman dalam bidang digital campaign dan siap menyukseskan campaign brand Anda sepenuh hati.

Salah satu campaign besar yang pernah dijalankan oleh BERT’s adalah ketika membantu aplikasi pinjaman online, Kredit Pintar, yang berkolaborasi dengan bank lokal, Bank Jago, dalam mempromosikan joint campaign mereka yang bernama #PintarBersamaJago pada bulan Februari 2022.

Dalam campaign #PintarBersamaJago, BERT’s berhasil menggandeng 10 KOL di TikTok dari tingkat mikro sampai mega KOL dengan jumlah followers di angka 75 ribu sampai 2 juta. Seluruh KOL ini diminta untuk memperkenalkan joint collaboration antara Kredit Pintar x Bank Jago ke audiensnya dengan mengunggah video lucu dan kreatif sesuai gaya dan personanya masing-masing.

Hasil dari campaign ini berhasil memperoleh 4,271,692 impression dan 365,544 engagement, dengan angka impression tertinggi dalam satu video mencapai 3,400,000. Tentunya, pencapaian ini membuktikan bahwa digital campaign menjadi opsi yang efektif untuk menjangkau lebih banyak audiens secara lebih cepat jika strategi yang digunakan juga tepat.

Jika tertarik untuk menggunakan jasa kami dalam menyukseskan digital campaign Anda, silakan mengirim e-mail ke busdev@bertsolution.com atau menghubungi kami melalui tautan berikut. Untuk membaca artikel-artikel kami lainnya, Anda dapat klik di sini. Atau jika Anda ingin mengetahui servis lain yang kami tawarkan, silakan klik tautan ini.

Artikel Terkait

Rekomendasi 4 Body Care Terbaik yang Bikin Kulit Glowing
Brand Marketing
Rekomendasi 4 Body Care Terbaik yang Bikin Kulit Glowing
Selain wajah, kesehatan kulit tubuh juga memiliki peran yang sama pentingnya. Berbagai brand produk skincare pun punya rangkaian body care...
13 May 2022
Fenomena Artis Korea yang menjadi Brand Ambassador Skincare Lokal
Brand Marketing
Fenomena Artis Korea yang menjadi Brand Ambassador Skincare Lokal
Saat ini, Korean wave atau demam Korea, mulai dari K-Drama (drakor), fashion, hingga K-Pop, menjadi fenomena yang terjadi pada semua...
29 Apr 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × 4 =