Wajib Tahu! 5 Bahasa Gaul Anak Muda Zaman Now. Image

Wajib Tahu! 5 Bahasa Gaul Anak Muda Zaman Now

Dari masa ke masa, bahasa selalu mengalami perkembangan. Salah satunya disebabkan karena munculnya bahasa gaul anak muda yang baru dan viral. Bahkan, hampir setiap tahun selalu ada bahasa gaul baru yang bermunculan. Pemakaian bahasa gaul anak muda tidak hanya terbatas pada bahasa sebagai alat komunikasi, tetapi juga merupakan refleksi dari pikiran, sikap, dan sebuah budaya.

Memahami bahasa gaul anak muda penting untuk membantu seseorang di suatu kelompok atau komunitas beradaptasi. Penggunaan media sosial sebagai sarana komunikasi memberikan andil yang cukup besar bagi kemunculan bahasa gaul anak muda yang baru. Umumnya, bahasa gaul yang digunakan berasal dari bahasa Inggris. Namun, ada juga bahasa gaul yang merupakan singkatan dari istilah yang sudah umum.

Bagi sebuah brand, mengetahui bahasa gaul anak muda yang sedang tren bisa memberikan keuntungan. Penggunaan bahasa gaul yang tepat, dapat membuat sebuah brand terkesan relatable, approachable, dan lebih dekat dengan target marketnya.

Nah, berikut ini adalah 5 bahasa gaul anak muda yang viral dan sering digunakan pada tahun 2022.

5 Bahasa Gaul Anak Muda yang Viral di 2022

1. Bestie

Bahasa gaul bestie sebenarnya merupakan bahasa slang internasional yang artinya teman atau sahabat. Kata ini pada dasarnya berasal dari kata bahasa Inggris yaitu “best friend” atau sahabat dekat. Sebagai bahasa gaul, kata Bestie sering digunakan sebagai panggilan agar terasa lebih dekat.

Misalnya, “Bestie, udah tahu belum nih?”

Selain bestie, sapaan lain yang biasa digunakan adalah ‘Bund’ yang berarti bunda atau ‘Hyung’ yang merupakan panggilan laki-laki untuk kakak laki-laki dalam bahasa Korea.

2. Drop

Kata drop berasal dari bahasa Inggris yang artinya jatuhkan. Namun, dalam komunikasi di media sosial, kata ini biasa digunakan sebagai bahasa gaul anak muda untuk meminta sesuatu dari warganet. Bisa berupa link, foto, komentar, dan lain sebagainya.

Misalnya, “Drop outfit lebaran kamu!

3. WDYT

WDYT atau What Do You Think adalah kalimat bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan pendapat mengenai sesuatu. Kalimat ini juga bisa digunakan untuk mendorong warganet untuk memberikan komentar.

Misalnya, “WDYT sama cover baru buku ini? Lebih bagus mana sama cover lamanya?”

4. POV

POV adalah singkatan dari Point of View. Istilah ini ramai digunakan di TikTok untuk berbagai video yang menunjukkan sudut pandang tertentu. Biasanya, video POV dibuat dalam bentuk drama singkat atau roleplay. Misalnya, “POV: tinggal di rumah mertua”.

Sedangkan di Twitter, POV biasanya digunakan dalam bentuk meme dengan disertai gambar. Sehingga POV yang dimaksud jadi lebih mudah dipahami.

Contohnya, ada foto seorang idola dan satu foto tangan dipenuhi glitter emas. Kemudian captionnya, “POV: you touched your idol”, yang memiliki arti, orang tersebut mengungkapkan bahagia yang tidak terkira karena menyentuh atau berjabat tangan dengan idolanya

5. Spill 

Bahasa gaul anak muda yang kelima adalah spill atau dalam bahasa Indonesianya diartikan menumpahkan. Kata menumpahkan merupakan metafora dengan istilah mengungkapkan atau membocorkan. 

Bahasa spill di media sosial biasanya dipakai pada saat orang-orang ingin tahu gosip atau informasi yang masih rancu sehingga membuat masyarakat penasaran dan mengeluarkan komentar singkat seperti “Spill dong kak” atau “Spill produk skincare favorit kamu!”.

Anti Ketinggalan Zaman dengan Bergabung di Komunitas Ikan Galau

Supaya brand Anda anti ketinggalan zaman dari bahasa gaul anak muda, penting untuk brand Anda memahami bahasa gaul yang sedang kekinian. Misalnya, dengan mengikuti akun-akun yang memiliki konten relatable dengan anak muda seperti Komunitas Ikan Galau di Instagram agar Anda dan brand Anda tetap up-to-date

Komunitas Ikan Galau sendiri rutin menyajikan konten-konten relatable seputar mental health dari sisi relationship sampai karier. Tak hanya itu, Ikan Galau juga sering memberikan rekomendasi tempat-tempat sampai tontonan kekinian.

Bagi brand, Komunitas Ikan Galau bisa dijadikan channel promosi yang baik, terutama brand-brand yang concern dengan isu mental health. Hingga kini, beberapa brand yang pernah bekerjasama dengan Ikan Galau di antaranya adalah Riliv, KALM, Hope Psychology Center, Binar Academy, Pharmaton, Mizone, Johnson and Johnson, Psylution, dan masih banyak lagi.

Jika Anda tertarik ingin bekerjasama bersama Ikan Galau, Anda dapat mengontak Komunitas Ikan Galau melalui e-mail ke community@bertsolution.com atau pesan WhatsApp ke (+62) 813 2603 5476. Anda juga dapat klik di sini untuk mengetahui lebih dalam tentang servis kami lainnya.

Artikel Terkait

Mengenal Geng Glowing, Beauty Community dengan Ribuan Followers Aktif
Community Marketing
Mengenal Geng Glowing, Beauty Community dengan Ribuan Followers Aktif
Banyaknya skincare yang beredar di pasaran tidak jarang membuat konsumen bingung dan enggan mencoba karena khawatir dengan efek negatif bila...
03 Dec 2021
Manfaatkan 3 Komunitas Online Ini Untuk Tingkatkan Brand Awareness
Community Marketing
Manfaatkan 3 Komunitas Online Ini Untuk Tingkatkan Brand Awareness
Seiring dengan perkembangan zaman ke arah yang lebih digital, cara meningkatkan bisnis juga mengalami perubahan. Kini banyak brand lebih mengandalkan...
01 Dec 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × two =