Rekomendasi 3 Komunitas Beauty yang Cocok untuk Brand Anda. Image

Rekomendasi 3 Komunitas Beauty yang Cocok untuk Brand Anda

Jika Anda sedang mencari channel yang tepat untuk memasarkan produk-produk kecantikan, komunitas beauty bisa menjadi salah satu alternatif yang patut dipertimbangkan. Komunitas beauty adalah sekumpulan orang-orang yang memiliki minat, value dan kepedulian yang sama di bidang kecantikan, atau disebut juga dengan beauty enthusiast.

Biasanya komunitas-komunitas ini memiliki beragam konten, baik organik maupun sponsored, yang relatable untuk menarik audiens. Konten yang diterapkan seperti tips & trick maupun rekomendasi produk-produk kecantikan dari admin atau dari komunitas itu sendiri.

Bedanya dengan akun beauty pada umumnya, akun komunitas beauty bersifat lebih personal bagi para membernya. Hal ini sejalan dengan penelitian dari Russian Journal of Communication tahun 2019 yang menyatakan audiens memang lebih menyukai rekomendasi dari sesama anggota komunitas karena dianggap lebih reliable.

Dengan kata lain, komunitas beauty berpotensi menjadi wadah bagi Anda untuk memasarkan produk. Di Indonesia sendiri cukup banyak komunitas beauty dengan branding kuat yang bisa Anda ikuti.

Berikut 3 rekomendasinya.

1. Komunitas beauty @geng.glowing

Geng glowing merupakan salah satu komunitas beauty yang usianya masih tergolong muda di Indonesia, sebab baru lahir pada Juli 2021 lalu. Dengan menyasar beauty enthusiast sebagai target audiens melalui platform Instagram @geng.glowing, akun ini menyajikan konten berupa tips & trik seputar kesehatan & kecantikan kepada para Glowers, sebutan untuk  para followers mereka.

Hingga September 2021, komunitas Geng Glowing sudah memiliki 2.809 followers online dengan engagement rate sebesar 12%. Tingkat engagement yang tinggi ini membuat komunitas semakin berkembang sehingga Anda dapat memasarkan produk melalui Instagram dengan konten-konten yang engaging

Tak hanya itu, Geng Glowing juga memiliki grup Telegram, Skincare Hunter yang memberikan informasi serta promosi terbaru dari produk-produk skincare dan makeup yang ramah di kantong. Ketika bekerja sama dengan @geng.glowing, produk Anda bukan hanya akan dipasarkan melalui Instagram, namun juga grup Telegram ini. 

Selain itu, Anda juga dapat memasarkan produk melalui berbagai activation, seperti IG Live bersama expert di bidang kecantikan, giveaway, dan berkolaborasi dengan komunitas lain untuk mengadakan event-event menarik selanjutnya.

Bila Anda ingin mengetahui selengkapnya maupun bekerja sama dengan akun komunitas beauty Instagram ini, Anda dapat mengunjungi akun @geng.glowing atau mengirim e-mail ke busdev@bersolution.com maupun dengan mengklik tautan ini

2. Komunitas beauty @beautycreatorcommunity

Para content creator, blogger, dan vlogger juga tergabung dalam komunitas beauty kreator di @beautycreatorcommunity. Tak hanya mendapatkan info lengkap tentang kosmetik dan skincare, tetapi para beauty enthusiast dapat berkolaborasi sebagai influencer dan merekomendasikan produk yang diulas. 

Komunitas ini memiliki engagement rate sebesar 0.47% dan followers sebanyak 7.038. Untuk bergabung dengan komunitas beauty ini, Anda harus membuat konten di Instagram dan tag username @beautycreatorcommunity, bagi content creator yang beruntung akan dihubungi via direct message.

3. Komunitas beauty @itsbeautycommunity

Komunitas beauty yang satu ini menyasar audiens yang membutuhkan tips dan tutorial seputar kecantikan. Dibentuk oleh delapan beauty enthusiast, komunitas ini sudah berdiri sejak 2018, dengan nama akun Its Beauty Community di Instagram @itsbeautycommunity 

Kini, akun komunitas beauty itu memiliki 3.420 followers dengan engagement rate sebesar 0.66%. Sementara itu, activation yang telah mereka lakukan antara lain adalah workshop, makeup class, berkesempatan mendapatkan makeover, dan giveaway menarik secara gratis.

Artikel Terkait

3 Peran Komunitas Terhadap Kesehatan Mental Selama Pandemi
Community Marketing
3 Peran Komunitas Terhadap Kesehatan Mental Selama Pandemi
Kesehatan mental selama pandemi merupakan salah satu masalah yang tidak bisa diremehkan, terutama pada anak muda. Penelitian yang dilakukan oleh...
10 Sep 2021
3 Keuntungan Menggunakan Komunitas Ibu Canggih untuk Akuisisi Pelanggan
Community Marketing
3 Keuntungan Menggunakan Komunitas Ibu Canggih untuk Akuisisi Pelanggan
Di era digital yang semakin modern, ibu dituntut untuk menjadi serba bisa. Oleh karena itu, ibu sangat dianjurkan untuk bergabung...
03 Sep 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × two =