Manfaatkan 3 Komunitas Online Ini Untuk Tingkatkan Brand Awareness. Image

Manfaatkan 3 Komunitas Online Ini Untuk Tingkatkan Brand Awareness

Seiring dengan perkembangan zaman ke arah yang lebih digital, cara meningkatkan bisnis juga mengalami perubahan. Kini banyak brand lebih mengandalkan branding melalui komunitas online karena dinilai lebih efektif dan efisien dalam menjangkau audiens.

Komunitas online adalah sekelompok orang yang memiliki minat atau tujuan bersama yang menggunakan internet untuk berkomunikasi satu sama lain. Komunitas online memiliki serangkaian pedoman dan kebutuhan mereka sendiri, seperti keterlibatan, moderasi, dan manajemen.

Komunitas online hadir dengan tujuan untuk menyatukan orang-orang yang memiliki pengalaman atau tujuan yang sama. Sedangkan dari segi bisnis, komunitas online hadir untuk mempermudah dan memperkuat brand awareness bagi brand yang bekerja sama di dalamnya.

Pertukaran informasi di komunitas online terjadi cukup intens, termasuk ketika para member mendiskusikan atau memberi rekomendasi sebuah brand. Bagi para member, rekomendasi ini lebih dapat dipercaya dibanding iklan komersial karena adanya kesamaan visi antar anggota komunitas online. Inilah yang kemudian menaikkan brand awareness

BERT’s juga memiliki beberapa komunitas online yang dapat mendukung bisnis Anda, seperti Komunitas Ibu Canggih yang ada di Instagram @Ibu2Canggih yang memiliki lebih dari 81.000 followers di akunnya.

Selain untuk para ibu, kami juga memiliki komunitas untuk anak muda dengan nama Komunitas Ikatan Generasi Anti Galau (@Ikan.Galau) yang berfokus pada kesehatan mental. Akun ini sudah memiliki followers sebanyak lebih dari 13.000 akun.

Belakangan ini, kami juga mulai merintis komunitas untuk pecinta skincare dan make-up. Meski terbilang baru, komunitas ini telah mencapai lebih dari 5.000 pengikut dengan mayoritas demografinya adalah anak-anak muda.

Komunitas Ibu-ibu Canggih (@Ibu2Canggih)

Komunitas Ibu Canggih (@Ibu2Canggih) hadir sejak Oktober 2020. Komunitas online ini berisi ibu-ibu modern yang aktif dan menjadikan media sosial tempat berbagi informasi.

Komunitas ini juga cukup aktif dalam melakukan kegiatan edukatif seperti kelas online, workshop, dan webinar, baik di platform Instagram maupun Youtube. Kegiatan ini merupakan perwujudan komitmen Komunitas Ibu Canggih untuk menjadikan membernya sebagai para ibu berdaya dalam membangun keluarga yang resilien.

Saat ini, akun Instagram @Ibu2Canggih sudah memiliki lebih dari 82.000  pengikut dengan reach sebanyak 2.4 juta akun. Sementara soal engagement, engagement rate @Ibu2Canggih ialah sebesar 3.51% dengan 513 rata-rata like per post dan 5.347.565 impression

Komunitas Ibu Canggih juga sudah bekerja sama dengan sederet brand ternama, seperti Bebelac, Wardah, Aqua, Hometown Diary, dan masih banyak lagi. Ini menggambarkan bahwa komunitas online ini mampu menjadi wadah yang mempertemukan brand dengan para ibu modern di Indonesia.

Komunitas Ikan.Galau

Komunitas Ikatan Generasi Anti Galau, atau bisa ditemukan dalam platform Instagram @Ikan.Galau, merupakan komunitas yang berfokus pada kesehatan mental. Komunitas ini terdiri dari anak-anak muda, mulai dari mahasiswa, fresh graduate, job seeker, dan new jobber.

Komunitas online ini telah memiliki lebih dari 13.000 pengikut hanya dalam kurun 3 bulan. Komunitas ini sudah mampu memiliki engagement dengan engage rate sebesar 26.30%. Komunitas ini juga berkembang dengan tingkat reach account lebih dari 2 juta, dan memiliki impression 5.347.565 dengan rata-rata like per post sebanyak 540.

Angka-angka tersebut membawa Komunitas Ikan Galau menjadi komunitas yang sudah menjalin kerja sama dengan banyak brand seperti Mizone, Indyglow, Kantorkuu, Samboja Liveaboard, Riliv, Psylution.id dan berbagai expert di bidang kesehatan mental. 


Komunitas Geng.Glowing 

Masih dengan komunitas yang berisi anak muda, Komunitas Geng Glowing adalah komunitas yang berfokus dengan kecantikan dan skincare. Komunitas ini terbilang baru dan merupakan partner dari Komunitas Ibu Canggih.

Meski terbilang baru, komunitas ini berkembang dengan signifikan. Memiliki lebih dari 5 ribu followers membuat komunitas online ini tumbuh dengan memiliki engagement yang terbilang baik. Engagement rate dari komunitas ini sebesar 21.72% dengan tingkat reach account sebanyak 197 ribu dan impression sebesar 373.241 dengan rata-rata likes post sebanyak 215. 

Beberapa brand pun sudah bekerja sama dengan Komunitas Geng Glowing bekerja sama dengan brand-brand besar, seperti Wardah, The Clinic, Make Over, Ryoona, Mizone, dan lainnya yang bisa Anda temukan di instagram @Geng.Glowing.
BERT’s memahami bahwa komunitas online memiliki peran penting dalam mengembangkan bisnis dengan lebih cepat. Tertarik untuk bekerja sama dan mencari tahu lebih dalam tentang komunitas online? Anda dapat klik di sini untuk mengetahui lebih dalam dan servis lainnya.

Artikel Terkait

Wajib Tahu! 5 Bahasa Gaul Anak Muda Zaman Now
Community Marketing
Wajib Tahu! 5 Bahasa Gaul Anak Muda Zaman Now
Dari masa ke masa, bahasa selalu mengalami perkembangan. Salah satunya disebabkan karena munculnya bahasa gaul anak muda yang baru dan...
06 May 2022
Mengenal Geng Glowing, Beauty Community dengan Ribuan Followers Aktif
Community Marketing
Mengenal Geng Glowing, Beauty Community dengan Ribuan Followers Aktif
Banyaknya skincare yang beredar di pasaran tidak jarang membuat konsumen bingung dan enggan mencoba karena khawatir dengan efek negatif bila...
03 Dec 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × 3 =