Ingin Branding di Komunitas Orangtua Millennial, Ini 3 Hal yang Perlu Anda Ingat. Image

Ingin Branding di Komunitas Orangtua Millennial, Ini 3 Hal yang Perlu Anda Ingat

Melakukan branding terhadap sebuah produk perlu strategi marketing khusus agar berjalan maksimal. Salah satu jalan yang dapat Anda tempuh ialah lewat community marketing, khususnya lewat komunitas orangtua millennial. 

Ketika membicarakan tentang millennial, stereotipe yang paling sering muncul ialah pandangan bahwa millennial menjurus pada kalangan anak muda. Faktanya, millennial adalah generasi yang lahir dari tahun 1981-1996 sehingga sebagian dari mereka saat ini telah menjadi orangtua.

Pernyataan demikian selaras dengan data dari National Retail Federation yang menyatakan bahwa generasi millennial adalah orangtua dari 50% anak di dunia. Dari jumlah tersebut, sekitar 1 juta wanita millennial menjadi ibu setiap tahunnya.

Dari sudut pandang marketing, angka ini tentu sangat menggiurkan. Namun, agar bisa menarik audiens dari komunitas orangtua millennial ini, Anda perlu pendekatan yang lebih ekstra, mulai dari melakukan riset guna memahami kebutuhan para orangtua millennial hingga proses pemasaran brand yang efektif dan efisien.

Untuk membantu Anda menyusun strategi yang tepat dalam melakukan branding di komunitas orangtua millennial, berikut kami berikan gambaran mengenai karakteristik komunitas orangtua millennial berdasarkan pengalaman kami dalam membantu klien.

Komunitas Orangtua Millennial Adalah Internet Savvy

Melansir dari The Asian Parent, sebanyak 97% Ibu dan 93% Ayah mengandalkan sosial media untuk mencari tips parenting. Berangkat dari sini, Anda dijamin tidak akan kesusahan mencari target komunitas orangtua millennial dikarenakan hampir sebagian besar dari mereka adalah penggemar teknologi dan banyak menghabiskan waktu di internet untuk mencari informasi.

Salah satu komunitas orangtua millennial yang bisa Anda andalkan untuk melakukan branding ialah Komunitas Ibu Canggih. Komunitas ibu di Instagram ini memiliki lebih dari 1.200 anggota di berbagai kota di Indonesia dan telah membantu campaign puluhan brand dengan target market orangtua millennial.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang Komunitas Ibu Canggih, Anda dapat mengklik tautan berikut. Atau, Anda dapat mengunjungi dan follow @Ibu2Canggih di Instagram.

Komunitas Orangtua Millennial Lebih Terbuka

Memiliki pola pikir yang lebih terbuka dibanding generasi sebelumnya, komunitas orangtua millennial membuka diri terhadap banyaknya informasi di internet. Namun, pada akhirnya, mereka lebih mengandalkan saran dan rekomendasi dari sesama Ibu, para ahli, atau anggota komunitas orangtua millennial sebelum melakukan keputusan pembelian.

Kondisi di atas menjadi kesempatan emas dalam melakukan branding produk Anda. Jangan hanya fokus pada sales, namun juga beri edukasi (bisa lewat Kuliah WhatsApp, webinar, live IG, dan sebagainya) dan dengarkan feedback yang diutarakan para member komunitas orangtua millennial terhadap produk Anda.

Berdasarkan pengalaman kami di BERT’s, aktivitas tersebut bukan hanya memperkuat branding dan meningkatkan brand awareness, tapi juga mampu meningkatkan brand loyalty. Komunitas orangtua millennial menyadari bahwa brand Anda memang merupakan merek yang dapat mereka andalkan.

Komunitas Orangtua Millennial adalah Tipe Pelanggan Loyal

Pada akhirnya, kualitas produk Anda sendiri yang akan bicara mengenai branding di komunitas orangtua millennial. Jika para orangtua millennial ini meyakini bahwa produk Anda memang bagus, mereka tidak akan segan melakukan repurchase, bahkan mempromosikan produk Anda ke orang lain.

Pernyataan ini didukung oleh survei Small Business Trends. Dalam survei tersebut, disebut bahwa komunitas orangtua millennial memang tipe pelanggan yang loyal dan setia pada brand yang mereka sukai, tak peduli banyak brand di pasaran yang menawarkan harga lebih terjangkau.

Kini, saatnya bagi Anda untuk memanfaatkan komunitas orangtua millennial sebagai tempat untuk memperkuat branding. Berbekal pengalaman BERT’s Solution di community marketing, Anda dapat mengandalkan kami untuk membantu memperkuat branding produk Anda.

Untuk berdiskusi dengan kami, Anda dapat mengklik tautan ini. Anda juga bisa melihat servis kami selengkapnya di tautan ini.

Artikel Terkait

3 Strategi Jitu Menjangkau Komunitas Anak Muda untuk Maksimalkan Branding
Community Marketing
3 Strategi Jitu Menjangkau Komunitas Anak Muda untuk Maksimalkan Branding
Ketika membicarakan branding, pebisnis tidak boleh menutup mata terhadap potensi komunitas anak muda yang kini populer dengan sebutan generasi Z...
23 Jul 2021
4 Cara Meningkatkan Traffic Website Lewat Komunitas Online
Community Marketing
4 Cara Meningkatkan Traffic Website Lewat Komunitas Online
Untuk menarik massa ke website atau marketplace Anda, tidak cukup hanya dengan membuat konten yang bagus atau produk berkualitas semata...
16 Jul 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 5 =