Community Marketing, Strategi Jitu Kembangkan Bisnis Anda. Image

Community Marketing, Strategi Jitu Kembangkan Bisnis Anda

Kesadaran terhadap pengaruh community marketing dalam menjalankan bisnis masih belum dipahami oleh banyak khalayak, padahal community marketing memiliki pengaruh peningkatan bisnis di era digital saat ini. Marketing Schools dalam artikelnya menjelaskan community marketing adalah strategi marketing yang melibatkan brand atau bisnis untuk berinteraksi dengan komunitas pelanggan yang sudah ada. 

Komunitas-komunitas ini dapat memberikan brand koneksi kepada pelanggan secara langsung. Saat ini, komunitas-komunitas tersebut berkembang dan tersedia secara online di media sosial. Pastinya, hal tersebut dapat mempermudah jangkauan bagi pebisnis untuk menerapkan community marketing sebagai strategi bisnis. 

Komunitas-komunitas online tersebut dapat dengan mudahnya ditemukan di social media, seperti salah satunya komunitas Ibu-ibu di Instagram. Komunitas tersebut adalah Komunitas Ibu Canggih (@Ibu2Canggih) yang memiliki lebih dari 78.000 followers di akunnya, dan tentunya menjadi peluang bagi bisnis Anda yang target pasarnya adalah ibu-ibu. 

Bukan hanya komunitas untuk ibu-Ibu, Anda juga bisa dapat mencari komunitas sesuai dengan kesamaan interest, seperti Komunitas Ikan Galau (@ikan.galau). Komunitas tersebut adalah komunitas yang memiliki kesamaan fokus dalam hal kehidupan seperti mental health, relationship, dan karier.  

Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan community marketing sebagai strategi bisnis?

Community Marketing Adalah Strategi dengan Banyak Manfaat 

Selain kemudahan dalam meraih pasar yang diinginkan, community marketing adalah strategi yang memiliki berbagai manfaat lainnya yang dapat menguntungkan brand. Peningkatan pembelian dapat Anda rasakan ketika Anda menggunakan community marketing dengan tepat. 

Marketing Profs dalam artikelnya menuliskan, Forrester menemukan 59% perusahaan yang menyatakan pelanggan menggunakan konten yang berasal dari komunitas saat melakukan pembelian, dan 75% melakukan pembelian menggunakan konten komunitas. Selain itu, 77% pemasar setuju bahwa konten yang berasal dari komunitas mempercepat keputusan pembelian.

Dengan hal tersebut, keuntungan lainnya yang dapat dirasakan, Anda dapat mengurangi penggunaan iklan berbayar. Walaupun iklan berbayar masih efektif untuk dilakukan dalam situasi tertentu, iklan berbayar menghadirkan beberapa tantangan besar yang seringkali sulit diatasi. 

Maka, community marketing adalah salah satu strategi bisnis yang efektif. Hal tersebut menciptakan orang-orang dimotivasi oleh emosi, yang dapat membawa pelanggan untuk merespons interaksi sosial yang lebih nyata daripada iklan berbayar yang bersaing untuk mendapatkan perhatian.

Dengan community marketing, perasaan emosi yang dimiliki pelanggan terhadap komunitas akan meningkatkan brand-awareness untuk diingat oleh konsumen. Semakin terkenal dan terpercaya, maka semakin mudah konsumen membeli produk tersebut. 

Tidak hanya sampai dalam keputusan konsumen untuk membeli. Bersama komunitas, Anda dapat mudah mendapatkan loyal customer, maupun mempertahankan loyalitas konsumen yang telah Anda miliki dalam jangka panjang. 

Anda Bisa Mulai Bersama BERT’s

Di BERT’s, kami memahami bahwa community marketing adalah salah satu strategi yang efektif meningkatkan brand awareness. Kami pun memiliki beberapa komunitas in house dengan berbagai segmen, mulai dari para ibu hingga remaja.

Seperti Komunitas Ibu-Ibu Canggih (@Ibu2Canggih), komunitas yang progresif yang saat ini memiliki 78.000 followers dengan 2.412.990 accounts reached pada akun instagramnya. Komunitas Ibu-ibu Canggih ini juga dapat memberikan feedback positif terhadap brand yang di-support. 

Tidak hanya Instagram, Ibu-Ibu Canggih juga telah merambah ke platform Youtube dengan menghadirkan konten-konten bertema women empowerment. Anda dapat mengklik tautan berikut untuk terhubung langsung ke channel Youtube Ibu-Ibu Canggih.

Bagi anak muda, Anda bisa berjejaring dengan Komunitas Ikan Galau (@ikan.galau), komunitas ini berisi anak-anak muda yang duduk di bangku kuliah,  fresh-graduate, maupu first jobber. Komunitas ini sudah memiliki lebih dari 12.000 followers, dengan rate engagement-nya sebesar 15.41%.

BERT’s juga menaungi Komunitas Geng Glowing (@geng.glowing) yang merupakan komunitas yang berfokus pada masalah kecantikan. Komunitas ini terbilang baru namun sudah memiliki engagement rate sebesar 21.72% dengan 197.547 accounts reached di dalamnya.Community marketing adalah salah satu spesialisasi kami. Tak hanya itu, BERT’s juga menyediakan servis lainnya yang bisa Anda pilih berdasarkan kebutuhan. Untuk mengetahuinya secara lebih detail, klik di sini.

Artikel Terkait

Manfaatkan 3 Komunitas Online Ini Untuk Tingkatkan Brand Awareness
Community Marketing
Manfaatkan 3 Komunitas Online Ini Untuk Tingkatkan Brand Awareness
Seiring dengan perkembangan zaman ke arah yang lebih digital, cara meningkatkan bisnis juga mengalami perubahan. Kini banyak brand lebih mengandalkan...
01 Dec 2021
Komunitas Ibu di Indonesia Bantu Ibu Jadi Wanita Modern Multitalenta
Community Marketing
Komunitas Ibu di Indonesia Bantu Ibu Jadi Wanita Modern Multitalenta
Tahukah Anda bahwa 80% wanita yang baru menjadi ibu mengalami baby blues dan merasa insecure untuk menjalani peran sebagai orangtua baru...
09 Nov 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 1 =