5 Langkah Jitu Mengembangkan Bisnis di Era Digital. Image

5 Langkah Jitu Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Mengembangkan bisnis di era digital tidak cukup hanya dengan menciptakan akun di media sosial atau mengadakan semua kegiatan secara online. Transformasi digital yang Anda lakukan juga butuh strategi yang matang agar berjalan efektif dan efisien.

Menurut data The World Bank Data, pengguna internet di Indonesia mencapai 53,72% dari populasi masyarakat atau sekitar 147 juta orang pada 2020. Jumlah ini memang menggiurkan, namun tentu tidak semuanya merupakan target customer dari produk Anda. Di sinilah pentingnya memilih strategi yang spesifik agar campaign lebih tepat sasaran.

Bukan hanya soal angka, mengembangkan bisnis di era digital juga harus dilakukan dengan cepat agar produk tidak kalah saing di pasar. Seperti apa strateginya? Simak ulasan berikut.

Mengembangkan bisnis di era digital dengan perencanaan matang

Untuk mengembangkan bisnis di era digital, Anda terlebih dahulu harus membuat perencanaan yang komprehensif. Dalam perencanaan ini, Anda harus memahami tentang bisnis Anda sendiri, menentukan pemimpin proyek, hingga cara Anda untuk mencapainya. 

Jangan lupa juga untuk menentukan budget minimal dan maksimal, target konsumen, dan unique selling point produk Anda yang membedakan dengan kompetitor. Setelah perencanaan selesai dibuat, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilih saluran campaign. Dalam dunia digital, ada banyak channel yang bisa Anda gunakan, mulai dari situs web, platform media sosial, iklan online, hingga listing website. Untuk memiliki saluran yang tepat, Anda juga dapat berdiskusi dan berkonsultasi dengan kami melalui tautan ini.
  2. Usahakan mobile-friendly. Saat ini, bisnis digital akan lebih mudah dijangkau jika saluran yang digunakan bersifat mobile-friendly mengingat pengguna internet rata-rata sudah memiliki ponsel yang dapat dibawa ke mana-mana. 
  3. Ingin gunakan e-commerce? Jika ya, Anda juga harus menentukan saluran e-commerce yang akan digunakan, mulai dari web, aplikasi seluler, media sosial, atau semuanya. 
  4. Maksimalkan digital marketing. Anda perlu mempromosikan produk secara online. Mintalah bantuan digital marketing agency agar campaign Anda dapat berjalan maksimal. BERT’s menyediakan berbagai layanan digital marketing yang dapat Anda lihat di sini
  5. Buat alur kerja internal. Proses kerja internal diperlukan agar tupoksi internal dan agensi tidak tumpang-tindih dan lebih efektif serta efisien.

Pentingnya transformasi digital

Mengembangkan bisnis di era digital dengan strategi yang tepat dapat menghadirkan berbagai keuntungan bagi bisnis Anda, seperti:

  • Meningkatnya efisiensi dan produktivitas. Teknologi digital dapat mempercepat proses dan operasi dalam bisnis sehingga Anda bisa dengan cepat mendapatkan laporan campaign untuk menentukan langkah bisnis selanjutnya.
  • Lebih resilien. Dengan membangun budaya digital, perusahaan lebih mampu beradaptasi dengan cepat, seperti menghadapi kondisi pasar yang berubah maupun pergolakan sosial dan ekonomi seperti yang terjadi saat pandemi.
  • Lebih dekat dengan konsumen. Anda akan dengan mudahnya untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data konsumen sehingga inovasi maupun pengembangan produk bisa lebih tepat sasaran.
  • Akan terus relevan. Teknologi digital akan dengan mudahnya beradaptasi terhadap perubahan lingkungan sehingga nilai bisnis yang Anda dimiliki akan tetap relevan untuk masa mendatang. 

Selain 4 keuntungan dalam mengembangkan bisnis di era digital di atas, Anda juga bisa mendapat ‘keuntungan bonus’, yakni naiknya profit perusahaan. Sebuah laporan oleh SAP Center for Business Insight dan Oxford Economics menemukan bahwa 80% organisasi yang melakukan transformasi digital dengan matang mengalami peningkatan profit, dan 85% mengatakan mereka setidaknya mendapatkan peningkatan pangsa pasar.Di BERT’s, kami telah membantu berbagai perusahaan dalam mengembangkan bisnis di era digital ini. Jika Anda ingin berdiskusi maupun menggunakan jasa kami, Anda dapat mengirim e-mail ke busdev@bertsolution.com atau menghubungi kami melalui tautan berikut.

Artikel Terkait

Ide Konten Ramadhan untuk Optimalkan Digital Marketing Brand
Digital Marketing
Ide Konten Ramadhan untuk Optimalkan Digital Marketing Brand
Selama Ramadhan, banyak brand berlomba-lomba menjalankan strategi marketing berbeda untuk menyesuaikan momen di bulan suci ini. Berbagai ide konten Ramadhan...
15 Apr 2022
Hindari 4 Kesalahan dalam Marketing Ini Saat Melakukan Campaign
Digital Marketing
Hindari 4 Kesalahan dalam Marketing Ini Saat Melakukan Campaign
Tahukah Anda bahwa 80% rencana marketing yang dibuat oleh berbagai perusahaan berujung dengan kegagalan? Ya, hasil survei yang dipublikasikan oleh McKinsey...
04 Feb 2022
4 Strategi Jitu YouTube Marketing yang Harus Anda Kuasai
Digital Marketing
4 Strategi Jitu YouTube Marketing yang Harus Anda Kuasai
YouTube adalah salah satu platform digital terbesar dan paling banyak dikunjungi di dunia dengan tak kurang dari 2.2 miliar pengguna pada...
22 Jan 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen − 15 =