4 Strategi Momfluencer Marketing untuk Naikkan Awareness. Image

4 Strategi Momfluencer Marketing untuk Naikkan Awareness

Mom influencer marketing, atau disingkat momfluencer marketing, memang bukan strategi asing dalam dunia marketing untuk menaikkan brand awareness sebuah produk. Tetapi, tahukah Anda bagaimana cara memilih mom influencer yang tepat demi mewujudkan Key Performance Index (KPI) yang Anda inginkan?

Momfluencers adalah para ibu yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dalam menjalankan kehidupannya sebagai ibu. Mereka mampu mempengaruhi ibu-ibu dengan cara berbagi cerita keseharian, minat personal, favorit produk, hingga pengalaman seputar dunia ibu dan keluarga di sosial media.

Banyaknya brand yang memilih momfluencer marketing sendiri bukannya tanpa alasan. Statistik yang dipublikasikan oleh Digital Marketing Institute menunjukkan bahwa 86% wanita akan menyelam di dunia digital untuk mencari referensi sebelum membeli sebuah produk, 49% di antaranya bahkan mengaku tak akan ragu membeli produk yang direkomendasikan oleh influencer.

Tetapi, tentu saja tujuan campaign Anda hanya akan tercapai bila Anda memilih mom influencer yang tepat. Lantas, apa saja hal yang harus Anda lakukan agar strategi momfluencer marketing ini bisa membantu Anda mencapai target KPI yang Anda harapkan?

1. Pilih momfluencer yang juga seorang ibu

Tidak semua influencer yang mengklaim dirinya momfluencer adalah seorang ibu. Padahal seorang ibu cenderung lebih mempercayai opini dari ibu lainnya karena ia merasa memiliki pengalaman yang sama.

Oleh karena itu, Anda sangat disarankan memilih mom influencer yang memang merupakan orangtua. Lebih ideal lagi jika momfluencer Anda memiliki kesamaan dengan target audience Anda, seperti umur, jumlah anak, latar belakang pendidikan, dan sebagainya.

2. Tentukan budget dan pilih momfluencer yang sesuai

Salah satu langkah dalam momfluencer marketing yang paling krusial adalah menentukan mom influencer yang akan Anda gunakan itu sendiri. Beda budget, tentu beda pula mom influencer yang bisa Anda gunakan dalam campaign Anda.

Tanyakanlah hal-hal ini kepada diri Anda sebelum memulai mom influencer atau momfluencer marketing ini:

  • Apakah Anda ingin menjangkau target audience yang luas? Jika ya, Anda bisa menggunakan macro momfluencer yang biasanya merupakan selebriti dan memiliki ratusan ribu hingga jutaan followers. Strategi momfluencer marketing yang satu ini harus diimbangi dengan budget yang besar.
  • Apakah Anda ingin menjangkau target audience yang lebih spesifik? Jika ya, Anda bisa memilih mom influencer skala mikro (di bawah 10.000 followers) atau nano (di bawah 2.000 followers). Strategi momfluencer marketing ini biasanya lebih efisien, asalkan budget dialokasikan pada mom influencer yang tepat.

3. Terjun langsung ke komunitas

Anda tidak tahu harus memilih mom influencer seperti apa untuk menjalankan momfluencer marketing Anda? Lakukanlah riset dengan terjun ke komunitas para ibu, baik komunitas ibu di Instagram atau media sosial lainnya maupun komunitas ibu yang tergabung di berbagai WhatsApp grup.

Salah satu komunitas yang bisa Anda datangi ialah Komunitas Ibu Canggih yang profilnya bisa Anda lihat melalui tautan ini. Komunitas ibu di Instagram ini memiliki lebih dari 1.200 member yang tersebar di beberapa kota di Indonesia dan terafiliasi dengan akun Instagram @Ibu2Canggih yang kini memiliki lebih dari 34 ribu followers.

Lewat komunitas ibu seperti Komunitas Ibu Canggih ini, Anda bisa mengetahui lebih dalam mengenai kebutuhan para ibu dan referensi mom influencer yang sedang mereka gandrungi. Di komunitas inipun terdapat mom influencer mikro atau nano yang bisa langsung Anda libatkan dalam momfluencer marketing Anda.

4. Minta bantuan profesional

Tak ingin repot-repot melakukan riset? Anda bisa langsung menghubungi kami untuk mendiskusikan strategi momfluencer marketing yang tepat dengan mengklik tautan berikut. BERT’s telah bekerja sama dengan lebih dari ratusan momfluencer, baik di level nano, mikro, hingga makro (selebriti) dan membantu banyak brand dalam memenuhi target KPI mereka.

Tak hanya mom influencer marketing, kami juga menyediakan servis lainnya yang bisa Anda pilih berdasarkan kebutuhan. Untuk mengetahuinya secara lebih detil, klik di sini.

Artikel Terkait

3 Keuntungan Marketing Lewat Komunitas Ibu di Instagram
Brand Marketing
3 Keuntungan Marketing Lewat Komunitas Ibu di Instagram
Memasarkan produk ke para ibu millennial yang serba digital butuh pendekatan khusus karena luasnya sumber informasi yang bisa mereka akses...
18 Jun 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six − four =