4 Cara Meningkatkan Traffic Website Lewat Komunitas Online. Image

4 Cara Meningkatkan Traffic Website Lewat Komunitas Online

Untuk menarik massa ke website atau marketplace Anda, tidak cukup hanya dengan membuat konten yang bagus atau produk berkualitas semata. Anda perlu tahu juga cara meningkatkan traffic website, misalnya dengan memanfaatkan komunitas online.

Komunitas online adalah sekelompok orang yang memiliki minat yang sama dan berkomunikasi melalui berbagai platform yang terhubung dengan jaringan internet. Mereka berkumpul melalui situs web, email, grup WhatsApp, Facebook, akun Instagram komunitas, dan lain-lain.

Komunitas online ini sangat potensial untuk membawa traffic ke website Anda. Menurut statistik yang diterbitkan oleh Statista pada Januari 2021, setidaknya terdapat 4,66 miliar pengguna internet aktif di dunia dengan 4,32 miliar di antaranya merupakan pengguna internet mobile.

Untuk mengkapitalisasi angka itu menjadi traffic website Anda, tentu Anda harus mengetahui cara meningkatkan traffic website lewat komunitas online yang tepat. Apa saja? Berikut ulasannya.

Tentukan target audience Anda

Langkah pertama dalam cara meningkatkan traffic website ialah dengan menjawab pertanyaan: website Anda dibuat untuk siapa?

Pertimbangkan soal usia, pekerjaan, penghasilan, masalah yang mereka hadapi, serta solusi yang mereka harapkan. Jika Anda sudah memetakan poin yang pertama ini, Anda bisa mulai melakukan riset mengenai platform komunitas online yang tepat untuk target audience tersebut.

Pilih platform komunitas online yang sesuai

Seperti telah disebut sebelumnya, komunitas online berkomunikasi lewat banyak platform. Oleh karena itu, cara meningkatkan traffic website yang kedua adalah menentukan platform komunitas online sesuai dengan target audience Anda.

Jika Anda sedang mencari komunitas ibu-ibu millennial atau anak-anak muda, Anda bisa datang ke BERT’s Solution. Kami memiliki dua komunitas yang bisa membantu menghadirkan traffic ke website Anda, yakni Komunitas Ibu Canggih (Instagram @Ibu2Canggih) dan Ikatan Generasi Galau (Instagram @Ikan.Galau).

Komunitas Ibu Canggih berisi para ibu millennial yang berdomisili di seluruh Indonesia dengan ribuan member aktif, baik di akun Instagram maupun di grup WhatsApp. Komunitas Ibu Canggih juga telah berkolaborasi dengan brand-brand besar dalam menyukseskan campaign mereka. Untuk melihat profil Komunitas Ibu Canggih selengkapnya, Anda bisa klik tautan ini.

Sementara itu, Ikatan Generasi Galau berisi para anak-anak muda yang duduk di masih duduk di bangku kuliah maupun berstatus fresh graduate dan first jobber. Meski baru 2 minggu diluncurkan, akun Instagram @ikan.galau telah memiliki lebih dari 1.300 followers dan engagement rate 40%.

Bangun image positif di dalam komunitas

Setelah Anda memilih komunitas sesuai target audience, Anda tidak bisa langsung ‘jualan’ karena akan terasa terlalu memaksa. Sebaliknya, Anda harus melakukan cara meningkatkan traffic website yang ketiga, yakni membangun image positif di dalam komunitas.

Di Komunitas Ibu Canggih, cara meningkatkan traffic website yang ketiga ini biasanya dilakukan dengan melakukan Kuliah WhatsApp atau live Instagram. Lewat jalan ini, ibu-ibu bisa mendapat gambaran mengenai brand Anda dan pada akhirnya mengunjungi marketplace, website, maupun akun Instagram brand Anda.

Analisa campaign

Cara meningkatkan traffic website yang keempat ialah dengan selalu menganalisis campaign yang telah Anda lakukan bersama komunitas online tersebut. Lihat data mengenai website/marketplace mana yang memiliki traffic paling banyak.

Di sisi lain, lihat juga komunitas online mana yang menghabiskan waktu paling banyak di website Anda. Ini menunjukkan bahwa konten Anda benar-benar dinikmati oleh orang-orang yang Anda ajak berbagi. Jika hasilnya tidak sesuai dengan target Anda, segera cari solusinya.

Bersama BERT’s Solution, Anda tidak perlu repot-repot melakukan cara meningkatkan traffic website yang terakhir ini. Kami yang akan membuat report dan mencarikan solusi untuk Anda.

Untuk menggunakan jasa kami, silakan klik tautan berikut atau kirim e-mail melalui busdev@bertsolution.com. Anda juga bisa melihat servis kami yang lain melalui tautan ini atau berkonsultasi langsung dengan tim kami.

Artikel Terkait

3 Strategi Jitu Menjangkau Komunitas Anak Muda untuk Maksimalkan Branding
Community Marketing
3 Strategi Jitu Menjangkau Komunitas Anak Muda untuk Maksimalkan Branding
Ketika membicarakan branding, pebisnis tidak boleh menutup mata terhadap potensi komunitas anak muda yang kini populer dengan sebutan generasi Z...
23 Jul 2021
Ingin Branding di Komunitas Orangtua Millennial, Ini 3 Hal yang Perlu Anda Ingat
Community Marketing
Ingin Branding di Komunitas Orangtua Millennial, Ini 3 Hal yang Perlu Anda Ingat
Melakukan branding terhadap sebuah produk perlu strategi marketing khusus agar berjalan maksimal. Salah satu jalan yang dapat Anda tempuh ialah...
09 Jul 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 3 =