3 Strategi Jitu Menjangkau Komunitas Anak Muda untuk Maksimalkan Branding. Image

3 Strategi Jitu Menjangkau Komunitas Anak Muda untuk Maksimalkan Branding

Ketika membicarakan branding, pebisnis tidak boleh menutup mata terhadap potensi komunitas anak muda yang kini populer dengan sebutan generasi Z sebagai target pasar. Apalagi menurut Forbes, generasi Z merupakan konsumen terbesar di dunia dibandingkan generasi lain per tahun 2020.

Sifat komunitas anak muda yang cenderung konsumtif ini diestimasikan mampu menghabiskan pengeluaran fantastis sebanyak 143 miliar dollar AS dalam satu tahun. Sebuah pusat studi bernama Cassandra yang fokus mempelajari perilaku generasi Z juga mengungkap bahwa 93% anak-anak di dunia mempengaruhi aktivitas belanja orangtuanya.

Dari kacamata marketing, kekuatan daya beli generasi Z patut dipertimbangkan bagi kemajuan produk Anda. Akan tetapi, Anda harus siap meninggalkan strategi marketing yang bersifat hard-selling jika ingin meraih perhatian dari komunitas anak muda ini.

Tentu bukan hal yang mudah untuk bisa menjangkau komunitas yang satu ini. Oleh sebab itu, kami telah merangkum beberapa strategi marketing yang bisa Anda pertimbangkan ketika menyasar komunitas anak muda untuk keperluan branding produk Anda. Berikut ulasannya.

Bangun Value Produk Anda

Kemaslah latar belakang produk Anda dengan kisah unik yang bersandar pada isu-isu sosial terkini. Melansir riset dari The National Retail Federation, komunitas anak muda mempunyai kesadaran tinggi terhadap isu-isu berkembang dan cenderung merespon hal ini lebih serius dibandingkan generasi lain.

Dampaknya, 55% dari komunitas anak muda akan memilih produk yang dinilai mampu berkontribusi dalam menangani isu-isu sosial di masyarakat. Alhasil, produk-produk yang berlabel socially-responsible atau eco-friendly mempunyai peluang lebih tinggi untuk menggaet komunitas ini.

Komunitas anak muda mempunyai mimpi untuk mengubah dunia ke arah yang lebih baik sehingga mereka membutuhkan produk yang sejalan dengan value-nya. Oleh sebab itu, produk Anda harus cermat dalam menemukan value positif alih-alih hanya fokus pada keuntungan semata.

Utilisasi Seluruh Platform Sosial Media

Untuk menjangkau komunitas anak muda, produk Anda harus mengoptimalkan sosial media yang ada. Temuan dari Digital Information World menyatakan 97% dari generasi Z memanfaatkan sosial media untuk mencari informasi dan melakukan kegiatan belanja.

Adapun jenis sosial media yang paling menarik perhatian komunitas ini adalah platform berbasis visual seperti Instagram, TikTok, dan Snapchat. Bagi generasi Z, ketiga platform tersebut memberikan mereka wadah untuk mengekspresikan diri dengan leluasa melalui fitur gambar dan video.

Agar strategi marketing Anda sukses, buatlah konten yang dapat memberikan komunitas anak muda pengalaman untuk dibagikan nantinya pada platform yang telah disebutkan. Pastikan konten tersebut dikemas sesederhana mungkin mengingat rentang perhatian mereka cenderung pendek, yakni 9,5 detik.

Kolaborasi dengan Influencer

56% dari generasi Z cenderung mengikuti akun influencer dan komunitas sesama anak muda pada sosial media mereka. Kehadiran influencer dan akun komunitas dianggap lebih nyata dan cocok dijadikan teman sehingga terjalin rasa kedekatan yang lebih intim.

Untuk memperkuat branding produk Anda, cobalah berkolaborasi dengan influencer atau komunitas anak muda yang dipercaya oleh mereka. Salah satu komunitas anak muda yang dapat diajak kolaborasi untuk keperluan branding produk Anda adalah Ikatan Generasi Galau (Instagram @ikan.galau).

Ikatan Generasi Galau berisi anak-anak muda yang duduk di bangku kuliah maupun berstatus fresh graduate dan first jobber. Meski baru 3 minggu diluncurkan, akun Instagram @ikan.galau telah memiliki lebih dari 2.700 followers dan engagement rate 40%.

Data Marketing Dive menunjukkan 44% dari generasi Z lebih mungkin membeli produk yang direkomendasikan influencer atau komunitas favoritnya. Tunggu apalagi? Sudah saatnya komunitas yang satu ini Anda manfaatkan dalam memperkuat branding produk Anda.

Berbekal pada pengalaman BERT’s Solution di community marketing, Anda dapat mengandalkan kami untuk memperkuat branding produk Anda. Silakan klik tautan berikut atau kirim e-mail melalui busdev@bertsolution.com jika Anda tertarik menggunakan jasa kami.

Artikel Terkait

Rekomendasi 3 Komunitas Beauty yang Cocok untuk Brand Anda
Community Marketing
Rekomendasi 3 Komunitas Beauty yang Cocok untuk Brand Anda
Jika Anda sedang mencari channel yang tepat untuk memasarkan produk-produk kecantikan, komunitas beauty bisa menjadi salah satu alternatif yang patut...
17 Sep 2021
3 Peran Komunitas Terhadap Kesehatan Mental Selama Pandemi
Community Marketing
3 Peran Komunitas Terhadap Kesehatan Mental Selama Pandemi
Kesehatan mental selama pandemi merupakan salah satu masalah yang tidak bisa diremehkan, terutama pada anak muda. Penelitian yang dilakukan oleh...
10 Sep 2021
3 Keuntungan Menggunakan Komunitas Ibu Canggih untuk Akuisisi Pelanggan
Community Marketing
3 Keuntungan Menggunakan Komunitas Ibu Canggih untuk Akuisisi Pelanggan
Di era digital yang semakin modern, ibu dituntut untuk menjadi serba bisa. Oleh karena itu, ibu sangat dianjurkan untuk bergabung...
03 Sep 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 5 =