fbpx 3 Manfaat Community Marketing untuk Menaikkan Traffic Website | BERT's
3 Manfaat Community Marketing untuk Menaikkan Traffic Website. Image

3 Manfaat Community Marketing untuk Menaikkan Traffic Website

Dalam menaikkan traffic website, brand biasanya cenderung fokus pada penggunaan strategi influencer marketing dan content marketing. Padahal manfaat community marketing juga signifikan dalam menjaga loyalitas konsumen dan tidak boleh dipandang sebelah mata.

Berbeda dari strategi marketing lain yang fokus menarik konsumen baru, manfaat community marketing justru lebih bertujuan menjaga loyalitas customer. Kesan personal serta inklusif yang diterapkan community marketing dalam berinteraksi membuat anggotanya merasa dilibatkan dan diakui sehingga dapat dipersuasi untuk terafiliasi dengan brand.

Menurut Disciple Media, orang-orang cenderung lebih terdorong untuk membeli suatu brand ketika rekomendasi itu datang dari pihak yang dianggap mempunyai rasa keterikatan yang kuat dengan mereka. Misalnya, community marketing

Faktor ini yang menjadikan community marketing unik dibanding strategi marketing lain karena mampu membangun hubungan yang personal dengan para anggotanya. Sebelum menggunakan strategi community marketing, ada baiknya menyimak ulasan kami tentang manfaat community marketing dalam menaikkan traffic website di bawah ini.

Jangkauan Audiens Lebih Luas

Satu akun media sosial komunitas rata-rata memiliki 400 koneksi. Semakin banyak anggota komunitas yang berpartisipasi, semakin luas pula cakupan audiens yang dijangkau oleh brand. 

Pernyataan di atas selaras dengan temuan dari marketing agency di Inggris bernama Duel yang mengungkap bahwa 72% orang bersedia memberikan pengalaman positif mereka terhadap suatu brand kepada keluarga, teman, dan kerabatnya. 

Pengalaman positif yang diberikan konsumen kepada orang-orang sekitarnya ini berkontribusi untuk menyukseskan brand awareness serta mengundang massa dalam menaikkan traffic website brand Anda. Selain itu, manfaat community marketing yang satu ini juga mampu menekan biaya pengeluaran untuk iklan berbayar lantaran proses brand awareness terjadi secara organik dari kekuatan mulut ke mulut.

Engagement Lebih Tinggi

Manfaat community marketing yang kedua ialah dapat memperoleh engagement lebih tinggi melalui gaya komunikasi komunitas yang menarik. Menurut para ahli marketing dalam artikel yang diulas Disciple Media, tingkat relevansi iklan berbayar semakin menurun lantaran masyarakat merasa terganggu terhadap konten-konten iklan yang sifatnya hard-selling.

Opini demikian sejalan dengan hasil penelitian dari Oracle yang menunjukkan 92% orang memiliki tingkat kepercayaan yang rendah terhadap iklan yang muncul di sosial media serta website. Oleh sebab itu, keluarga, teman, dan komunitas yang mempunyai kedekatan personal tetap menjadi sumber yang rekomendasinya dipercayai calon konsumen.

Salah satu contoh komunitas yang bisa Anda andalkan dalam menaikkan traffic website adalah Komunitas Ibu Canggih (@ibu2canggih) yang kini memiliki lebih dari 1000+ anggota setia dari berbagai kota di Indonesia. Selama bekerjasama dengan BERT’s Solution, Komunitas Ibu Canggih telah membantu berbagai brand dalam menyukseskan kampanye pemasaran brand, seperti Wardah, Nutrilon, hingga Digibank by DBS.

Loyalitas Terjamin

Salah satu manfaat community marketing yang paling unggul adalah terjaminnya loyalitas konsumen. Loyalitas ini terbangun karena komunitas mempunyai hubungan dan interaksi personal yang konsisten dengan para anggotanya. Termasuk dalam keputusan pembelian, yakni saat para anggotanya saling mengandalkan produk dari rekomendasi satu sama lain.

Kedekatan yang terjalin antarmember di dalam komunitas juga menjadi suatu keuntungan bagi brand. Misalnya, brand dapat mengetahui dengan mudah respons, saran, ataupun keluhan langsung dari konsumen untuk dijadikan indikator dalam meningkatkan performa brand ke arah yang lebih baik.

Sekarang, Anda tidak perlu repot jika ingin menaikkan traffic website. BERT’s Solution mempunyai segudang pengalaman dalam bidang community marketing yang siap membantu Anda sepenuh hati dalam menyukseskan kampanye pemasaran brand Anda, termasuk menaikkan traffic website.

Untuk menggunakan jasa kami, silakan klik tautan berikut atau kirim e-mail melalui busdev@bertsolution.com. Anda juga bisa melihat servis kami yang lain melalui tautan ini atau berkonsultasi langsung dengan tim kami.

Artikel Terkait

Studi Perubahan Perilaku Konsumen Gen Z Selama Bulan Ramadhan dan Apa yang Bisa Dilakukan Brand
Community Marketing
Studi Perubahan Perilaku Konsumen Gen Z Selama Bulan Ramadhan dan Apa yang Bisa Dilakukan Brand
Menjelang Ramadhan, masyarakat khususnya anak muda yang termasuk dalam kategori gen z mengalami perubahan perilaku belanja yang cukup signifikan. Salah...
24 Mar 2023
Komunitas Mampu Sukseskan Kampanye Ramadhan Brand Kecantikan
Community Marketing
Komunitas Mampu Sukseskan Kampanye Ramadhan Brand Kecantikan
Momen Ramadhan selalu dirayakan semarak oleh masyarakat tanah air. Beragam cara dilakukan untuk menyambut bulan suci, salah satunya dengan berbelanja...
19 Mar 2023
Menurut Studi, Komunitas Dinilai Efektif dalam Mendongkrak Penjualan Online
Community Marketing
Menurut Studi, Komunitas Dinilai Efektif dalam Mendongkrak Penjualan Online
Terhubung dengan para konsumen merupakan hal yang fundamental bagi brand. Memanfaatkan komunitas dengan minat dan ketertarikan yang selaras dengan apa...
10 Jan 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *