Crypto Sebagai Investasi Ibu Rumah Tangga, Amankah?. Image

Crypto Sebagai Investasi Ibu Rumah Tangga, Amankah?

Siapa bilang investasi hanya ditujukan untuk orang kantoran, ibu rumah tangga juga bisa berinvestasi lho. Kenapa sih kita harus berinvestasi? Apa saja instrumen investasi ibu rumah tangga yang bisa dicoba? 

Investasi di zaman sekarang tidak melulu memerlukan modal yang besar. Bahkan Ibu bisa menyisihkan uang belanja untuk berinvestasi kecil-kecilan, misalnya investasi emas. Nantinya, hasil investasi bisa digunakan untuk keperluan jangka panjang, seperti membeli rumah, biaya pendidikan anak, dan sebagainya.

Selain emas, ada juga instrumen investasi lain untuk ibu rumah tangga yang tidak memerlukan modal besar. Yuk, kita simak penjelasan Brand Marketing and Public Relations Manager aplikasi Pintu, Kyrie Canille, dalam Live YouTube kolaborasi Ibu2Canggih dengan Pintu.

Pentingnya investasi ibu rumah tangga

Merencanakan keuangan dalam rumah tangga bukan hanya dilakukan untuk jangka pendek, melainkan juga jangka panjang. Dengan melakukan investasi, ibu rumah tangga dan keluarga akan mendapatkan beberapa manfaat, seperti:

  1. Memiliki buffer keuangan, terutama di saat-saat tidak terduga.

Kita tidak bisa memprediksi hal-hal yang terjadi di masa depan. Oleh karena itu, sebaiknya kita bersiap dari sekarang agar memiliki buffer (penyangga) keuangan, termasuk di saat-saat tidak terduga, misalnya suami terkena PHK, usaha tidak berjalan lancar, dan sebagainya.

“Saat pandemi lalu, banyak sekali saat-saat tidak terduga yang terjadi kepada kita sendiri maupun suami kita. Di saat seperti itulah, aset investasi bisa menyelamatkan kita,” ujar Kyrie.

  1. Lebih mandiri secara finansial

Investasi ibu rumah tangga juga bisa menjadikan ibu lebih mandiri secara finansial. Ketika berinvestasi, ada uang pasif yang ‘bergerak’ untuk ibu tanpa ibu harus meninggalkan rumah atau bekerja dari kantor.

  1. Mengurangi rasa khawatir

Ibu rumah tangga yang pintar berinvestasi akan merasa lebih aman, terutama terhadap masa depan keuangan keluarga. Kekhawatiran akan kebutuhan finansial dalam jumlah besar, seperti biaya pendidikan anak, akan semakin berkurang karena adanya investasi ibu rumah tangga yang ibu jalankan. 

Crypto sebagai pilihan investasi ibu rumah tangga

Di zaman yang serba modern ini, melakukan investasi dipermudah dengan berbagai jenis dan platformnya. Salah satu jenis investasi yang sedang booming saat ini adalah cryptocurrency atau crypto

“Crypto memiliki sistematis jual beli yang secara global sehingga akan memungkinkan ibu memiliki keuntungan yang lebih besar karena pangsa pasarnya bukan sesama orang Indonesia saja,” kata Kyrie.

Jika dilihat dari tren, Kyrie menambahkan saat ini crypto kian diminati oleh banyak orang. Menurut data Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), pelanggan aset crypto yang terdaftar untuk bisa bertransaksi mencapai 11,2 juta hingga Januari 2022 . Tren ini pun diprediksi akan terus naik karena makin banyak orang yang mengenal dan tertarik dengan crypto.

ibu mengelola keuangan keluarga

Apakah crypto aman untuk investasi ibu rumah tangga?

Melalui Permendag No. 99 Tahun 2018, Menteri Perdagangan menyatakan bahwa perdagangan crypto sudah legal dan dianggap komoditas yang bisa dijual-belikan di Bursa Berjangka. Namun, crypto hanya bisa digunakan sebagai aset, bukan alat pembayaran. 

Untuk ibu rumah tangga yang ingin berinvestasi crypto, pastikan membeli aset ini di tempat terpercaya ya. Apalagi, akhir-akhir ini sedang marak kasus afiliasi crypto yang menjerumuskan banyak tersangka. 

“Yang paling penting, ibu harus pintar dalam memilih platform investasi crypto. Perlu diperhatikan platform tersebut terdaftar dan diawasi oleh pemerintah, khususnya Bappebti.”  

Kyrie Canille, Brand Marketing and Public Relations Manager aplikasi Pintu

Salah satu platform investasi crypto yang aman untuk investasi ibu rumah tangga ialah Pintu. Di aplikasi ini, ibu bisa melakukan jual-beli crypto dengan aman dan nyaman karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Bappebti. 

Catatan dari Bumin

Investasi bisa menjadi solusi keuangan jangka panjang. Salah satunya instrumen investasi ibu rumah tangga ialah crypto. 

Sebagai langkah awal dalam berinvestasi crypto, Ibu harus memiliki platform yang terdaftar dan diawasi oleh Bappebti, salah satunya Pintu. Untuk lebih memahami seluk-beluk crypto sebagai instrumen investasi ibu rumah tangga, simak penjelasan dan pengalaman Kyrie Canille dalam video Live YouTube Ibu-Ibu Canggih dengan mengklik tautan ini

Ibu juga bisa mengetahui informasi yang edukatif lainnya dengan membaca artikel seputar menjadi Ibu Canggih di tautan ini. Ikuti juga kegiatan seru Ibu-Ibu lainnya, seperti IG Live, webinar bersama expert, hingga berkesempatan menjadi momfluencer, dengan bergabung ke Komunitas Ibu Canggih. Daftarkan diri ibu di situs ibu2canggih.id melalui link ini. Jangan lupa untuk follow Instagram Ibu2 Canggih ya!

Artikel Terkait

4 Kunci Penting Menangani Anak GTM yang Sering Ibu Lupakan
Ibu2Canggih
4 Kunci Penting Menangani Anak GTM yang Sering Ibu Lupakan
Untuk Ibu yang anaknya sedang berada di fase MPASI (makanan pendamping ASI), pasti sudah familiar dengan istilah GTM alias gerakan...
23 Jun 2022
Mau Diet Gen Saat Puasa? Perhatikan 4 Hal Penting Ini
Ibu2Canggih
Mau Diet Gen Saat Puasa? Perhatikan 4 Hal Penting Ini
Menjalani program diet saat berpuasa tidaklah mudah, namun juga bukan hal yang mustahil. Salah satu cara yang bisa Ibu lakukan...
15 Jun 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × three =