Mau Diet Gen Saat Puasa? Perhatikan 4 Hal Penting Ini. Image

Mau Diet Gen Saat Puasa? Perhatikan 4 Hal Penting Ini

Menjalani program diet saat berpuasa tidaklah mudah, namun juga bukan hal yang mustahil. Salah satu cara yang bisa Ibu lakukan adalah mencoba metode diet gen.

Diet gen, atau dikenal dengan istilah nutrigenomik, adalah diet dengan cara memeriksa gen atau DNA Ibu terlebih dahulu. Menurut dr. Christopher Andrian Sp.GK, dokter gizi yang berbincang bersama Ibu-Ibu Canggih dalam Live YouTube, beberapa waktu lalu, pemeriksaan genetik ini dilakukan untuk mengetahui metabolisme tubuh, kondisi kesehatan secara keseluruhan, dan imunitas.

Pemeriksaan genetik sangat penting untuk menentukan program diet yang tepat. Beda individu, beda pula pola diet yang harus dijalani karena setiap orang memiliki kondisi genetik yang unik dan berbeda-beda. 

Untuk mengenal diet gen lebih dalam, yuk kita simak penjelasan dr. Christopher Andrian, Sp.GK berikut ini!

Prinsip diet gen

Kondisi genetik dan imunitas setiap orang berbeda. Oleh karena itulah, pantangan dan rekomendasi makanan maupun olahraga bagi orang yang menjalani diet gen ini akan berbeda satu sama lain.

One size does not fit all. Artinya, tidak ada satu meal plan atau diet pun yang bisa cocok untuk semua orang.” 

dr. Christopher Andrian, Sp.GK

Jadi, jika Ibu yang ingin diet gen dan melakukan menu diet yang populer di media sosial, seperti diet IU, diet mayo, diet keto, dan lain-lain, belum tentu Ibu akan merasakan hasil yang sama. Bisa jadi, orang tersebut berhasil diet dengan pola tersebut, namun tidak dengan Ibu.

ibu konsultasi diet genetik dengan dokter

Hal yang perlu diperhatikan saat diet gen selama puasa

Melakukan diet gen saat berpuasa berbeda dengan saat Ibu tidak berpuasa. Saat berpuasa, ada beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan jika ingin melakukan diet gen ini, yaitu:

  1. Adanya perubahan pengaturan pola makan

Ketika Ibu berpuasa, tentu ada perubahan jadwal makan dan pola makan, terutama saat sahur dan berbuka puasa. Bukan hanya menu makanan yang harus diperhatikan dalam ‘eating window’ ini, rutinitas minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari pun harus dijaga agar metabolisme tubuh tetap baik dan tubuh tetap fit selama menjalani berpuasa sekaligus menjalani program diet.

  1. Olahraga saat berpuasa

Dalam proses diet gen, olahraga adalah hal penting untuk dilakukan, sekalipun saat Ibu sedang berpuasa. Ibu bisa melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki, bersepeda santai, jogging, dan sebagainya dengan durasi selama 30 menit menjelang buka puasa agar terhindar dari dehidrasi. 

Dalam diet gen, Ibu bisa melakukan rekomendasi olahraga yang paling dapat menaikkan metabolisme tubuh. Ada tipe genetik yang bisa lebih cocok melakukan olahraga bersifat power and strength yang menaikkan massa otot (angkat beban, push-up, plank, dan sebagainya), ada genetik yang lebih cocok berolahraga endurance (jalan, jogging, berenang, bersepeda, dan sebagainya), ada pula yang bisa mengimbangi kedua tipe olahraga tersebut sehingga disarankan untuk melakukan olahraga kombinasi.

  1. Hambatan atau efek ketika berpuasa

Menjalani diet gen saat berpuasa perlu memperhatikan efek berpuasa itu sendiri. Beberapa hambatan yang mungkin Ibu alami ialah sakit kepala karena dehidrasi atau lapar, konstipasi karena kurang konsumsi serat dan minum, stress karena adanya perubahan rutinitas, juga peningkatan produksi asam lambung. 

“Jika Ibu mengalami keluhan ini, sebaiknya proses diet gen dihentikan terlebih dahulu karena dikhawatirkan akan memengaruhi kesehatan Ibu secara keseluruhan,” tandas dr. Christopher.

  1. Jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari

Proses diet gen memiliki daftar makanan atau minuman yang perlu dihindari. Dalam diet gen, makanan yang dipantang ini tentu berbeda pada setiap individu. Namun, secara garis besar, pelaku diet gen ketika berpuasa sangat tidak dianjurkan untuk makan makanan yang berlemak, makanan yang menyebabkan gas berlebihan, makanan yang merangsang asam lambung, tinggi garam, dan kafein.

Catatan dari Bumin

Diet gen bisa menjadi salah satu cara menurunkan bert badan saat berpuasa. Tujuan diet gen bukan hanya hanya agar Ibu memiliki berat badan yang ideal, namun juga membantu Ibu menjalani pola hidup yang lebih sehat sehingga tubuh lebih fit untuk beraktivitas. 

Untuk memperlancar diet gen saat berpuasa, Ibu dianjurkan untuk memperhatikan beberapa hal. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai diet gen dan cara menjalaninya saat berpuasa, Ibu bisa menyimak penjelasan dari dr. Christopher Andrian Sp.GK dalam video Live Youtube Ibu-Ibu Canggih di link Youtube berikut ini. 

Jangan kelewatan untuk membaca artikel informatif lainnya seputar Ibu dengan mengklik tautan ini. Untuk mendapatkan kegiatan seru lainnya, seperti IG Live, webinar bersama expert, hingga berkesempatan menjadi momfluencer, yuk gabung ke Komunitas Ibu Canggih dengan membuka situs ibu2canggih.id melalui link ini. Jangan lupa juga untuk follow Instagram Ibu2Canggih, ya!

Artikel Terkait

4 Kunci Penting Menangani Anak GTM yang Sering Ibu Lupakan
Ibu2Canggih
4 Kunci Penting Menangani Anak GTM yang Sering Ibu Lupakan
Untuk Ibu yang anaknya sedang berada di fase MPASI (makanan pendamping ASI), pasti sudah familiar dengan istilah GTM alias gerakan...
23 Jun 2022
Crypto Sebagai Investasi Ibu Rumah Tangga, Amankah?
Ibu2Canggih
Crypto Sebagai Investasi Ibu Rumah Tangga, Amankah?
Siapa bilang investasi hanya ditujukan untuk orang kantoran, ibu rumah tangga juga bisa berinvestasi lho. Kenapa sih kita harus berinvestasi...
17 Jun 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × one =