4 Jenis Brand Activation Untuk Bangun Brand Image Positif. Image

4 Jenis Brand Activation Untuk Bangun Brand Image Positif

Banyak cara dapat dilakukan oleh brand untuk membangun image yang positif di tengah masyarakat, salah satunya melakukan brand activation. Brand activation adalah kegiatan promosi dengan membuat acara, campaign, atau interaksi tertentu yang bertujuan membangun hubungan langsung dengan konsumen. 

Dengan menggunakan strategi brand activation, Anda dapat merasakan berbagai manfaat jangka pendek maupun jangka panjang, seperti;

  • memperkuat hubungan antara perusahaan dan konsumen
  • meningkatkan brand awareness bagi perusahaan
  • menjadi strategi pemasaran yang efektif
  • meningkatkan tingkat pembelian secara berulang

Menurut survei yang dilakukan oleh Marketing Week and Econsultancy, 43% responden menyatakan bahwa adanya promosi brand dalam jangka pendek mendorong mereka untuk tidak membeli produk. Sebaliknya, 57%-nya menganggap bahwa hal tersebut menarik perhatian dan justru mendorong mereka untuk membeli produknya, dan 44%-nya membeli produk lebih banyak. 

Tepat dan cermat dalam melakukan brand activation

Salah satu pertimbangan sebelum Anda melakukan brand activation adalah menentukan campaign akan diadakan secara online, offline, atau kombinasi keduanya. Pada praktiknya, beberapa bentuk brand activation yang dapat Anda pilih adalah sebagai berikut:

1. Experiential marketing

Salah satu bentuk brand activation adalah experiential marketing (XM), yakni aktivasi dengan menyentuh sisi emosional konsumen secara personal. Caranya, perusahaan membuat acara untuk memberikan kesempatan kepada konsumen berinteraksi dengan produk maupun berdialog dengan para ahli.

Anda dapat memadukan pengalaman fisik dan digital yang dirasakan konsumen dari suatu produk, misalnya dengan menggunakan aplikasi seperti game, alat simulator, atau virtual reality. Dengan demikian, brand awareness serta kepercayaan konsumen terhadap produk akan semakin tinggi.

2. Digital marketing

Strategi ini paling banyak dilakukan oleh brand, terutama di masa pandemi. Digital marketing mengandalkan kekuatan media-media digital yang dapat menjangkau pelanggan secara lebih luas dan tidak terhalang jarak dan waktu. 

Brand activation tersebut biasanya dilakukan di platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, YouTube, TikTok, dan lain-lain. Untuk mengetahui karakteristik audiens pada masing-masing media sosial tersebut, Anda bisa membacanya di artikel ini.

3. Sampling campaign

Sampling campaign adalah brand activation yang dilakukan dengan memberikan produk langsung kepada target audiens dari sebuah brand. Ketika audiens merasakan pengalaman positif, brand awareness dan potensi penjualan akan meningkat.

Jika dahulu sampling campaign dilakukan secara offline, saat ini kampanye tersebut juga sudah banyak dilakukan secara online. Beberapa brand yang pernah bekerja sama dengan BERT’s dalam melakukan sampling online di antaranya adalah pasta gigi Formula Strong dan obat maag Promag yang membagikan ratusan sample kepada para ibu yang tergabung di salah satu komunitas kami, Komunitas Ibu Canggih.

4. Social media engagement

Engagement pada media sosial adalah tolok ukur interaksi target market dengan akun media sosial sehingga Anda dapat mengukur konten atau campaign yang paling disukai oleh audiens Anda. Di sini, audiens memberi feedback berupa: 

  • likes
  • comment, pesan, dan balasan
  • share dan retweet
  • saves
  • clicks
  • mention

Lebih mudah dengan komunitas online

Salah satu tantangan melakukan brand activation adalah menjangkau lebih banyak audiens. Sebagai solusinya, Anda dapat masuk ke berbagai komunitas online yang telah memiliki ratusan bahkan ribuan member sesuai dengan target market brand Anda. 

Komunitas online adalah sekelompok orang yang dipersatukan secara virtual berdasarkan minat dan memiliki tujuan yang sama. Karena virtual, komunitas online dapat menjangkau member dengan area yang lebih luas sehingga brand activity dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Saat ini, BERT’s sendiri menaungi 3 komunitas online. Pertama adalah Komunitas Ibu Canggih (@ibu2canggih) yang berisi para ibu dari seluruh Indonesia. 

Selain itu, kami juga memiliki komunitas untuk anak muda dengan nama Komunitas Ikatan Generasi Anti Galau (@Ikan.Galau) yang berfokus pada kesehatan mental. Terakhir, ada Komunitas Geng Glowing (@geng.glowing) yang fokus pada kecantikan dan kesehatan.
Jika Anda tertarik untuk bekerja sama dengan komunitas kami, silahkan menghubungi kami dengan mengklik tautan berikut. Kunjungi juga laman ini untuk mengetahui lebih dalam tentang servis kami lainnya.

Artikel Terkait

Danone Indonesia dan Ibu2Canggih Ajak Para Ibu Sukseskan ‘Bersama Cegah Stunting’
Digital Activation
Danone Indonesia dan Ibu2Canggih Ajak Para Ibu Sukseskan ‘Bersama Cegah Stunting’
Target menurunkan angka stunting di Indonesia menjadi 14% pada 2024 butuh komitmen dari semua pihak, terlebih prevalensi balita stunting menurut SSGI 2021 masih...
01 Apr 2022
Tanda Kesehatan Mental Ibu Tidak Baik-Baik Saja
Digital Activation
Tanda Kesehatan Mental Ibu Tidak Baik-Baik Saja
Di masa pandemi COVID-19 ini, seorang ibu bukan hanya harus memperhatikan kesehatan fisik keluarga. Kesehatan mental ibu juga tidak boleh...
11 Feb 2022
4 Langkah Mencapai Work-Life Balance
Digital Activation
4 Langkah Mencapai Work-Life Balance
Istilah work-life balance kian populer belakangan ini, terutama di kalangan anak muda yang berstatus pekerja. Work-life balance sendiri mengacu pada...
02 Feb 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nine + fifteen =