Manfaat Menggunakan Key Opinion Leader (KOL) dalam Campaign Anda. Image

Manfaat Menggunakan Key Opinion Leader (KOL) dalam Campaign Anda

Penggunaan jasa Key Opinion Leader (KOL) dalam dunia marketing di era digital ini bukanlah hal yang baru. Banyak juga manfaat KOL marketing yang dapat Anda raih jika potensi para Key Opinion Leader ini dapat Anda maksimalkan, mulai dari menjangkau lebih banyak audiens hingga membangun image positif terhadap brand Anda.

Key Opinion Leader (KOL) adalah orang atau organisasi yang memiliki status sosial yang kuat dan kerap dipandang sebagai ahli di bidang tertentu. Tak mengherankan jika rekomendasi dan pendapat mereka didengarkan oleh para followers, termasuk saat harus melakukan keputusan pembelian terhadap barang tertentu.

Profesi KOL sendiri sangat beragam, mulai dari tokoh politik, selebritas, hingga ibu rumah tangga. Jadi, pastikan Anda memilih KOL atau Key Opinion Leader yang tepat sesuai kebutuhan campaign agar Anda mendapatkan manfaat dari KOL marketing ini. Tips memilih tipe KOL yang tepat bisa Anda baca di tautan ini.

Sudah Saatnya Anda Menggunakan Key Opinion Leader

Di era serba internet seperti sekarang ini, sekitar 90-91% konten yang ada di sosial media didominasi oleh konten para Key Opinion Leader (KOL). Hal ini mengingat media sosial memang merupakan playing field para KOL sehingga mereka secara informal mampu memengaruhi sikap dan perilaku orang lain. 

Di BERT’s Solution, kami memahami potensi besar yang dimiliki para KOL dalam memaksimalkan campaign klien-klien kami. Salah satu KOL marketing yang kami jalankan adalah ketika membantu merk dagang ternama, Sania, dalam mempromosikan 3 produk mereka, yakni minyak goreng, tepung, dan beras.

Pada bulan pertama campaign berlangsung, BERT’s memilih 8 Key Opinion Leader dengan jumlah followers 78 ribu – 345 ribu. Di antara mereka ada yang memang berprofesi sebagai chef, ada pula yang cooking influencer dengan keahlian memasak makanan manis atau gurih.

Mereka diminta mempublikasikan hasil memasak menggunakan tepung, minyak goreng, maupun beras Sania di akun masing-masing. Hasilnya, dari 8 Key Opinion Leader (KOL) tersebut, Sania berhasil meraih tambahan 258.403 impression dan 229.810 reach, dengan angka impression tertinggi (single post) mencapai lebih dari 70.000 dan reach lebih dari 62.000.

Angka ini belum termasuk impression dan reach dari post yang dipublikasikan di akun resmi Sania @pastisania. Tentunya, pencapaian ini membuktikan bahwa KOL marketing bisa membuat brand menjangkau lebih banyak audiens dengan hasil yang dapat dikuantifikasikan secara lebih cepat dan real.

Manfaat Menggunakan Key Opinion Leader dalam Campaign Anda

Menaikkan angka reach dan impression bukan satu-satunya manfaat menggunakan Key Opinion Leader (KOL) yang bisa Anda rasakan. Manfaat lain dari KOL marketing ini adalah:

  • Membuat produk Anda lebih menonjol dari kompetitor. Solusi ini cocok bagi Anda yang memiliki produk dengan banyak kompetitor. Opini Key Opinion Leader (KOL) yang positif terhadap brand Anda dapat memiliki efek komparatif yang lebih signifikan, bahkan bisa sampai mendorong ribuan, bahkan jutaan, orang untuk memilih produk Anda daripada produk kompetitor.
  • Menciptakan tren. Key Opinion Leader (KOL) marketing juga dapat menciptakan buzz yang cukup besar untuk produk Anda. Apalagi, jika KOL yang Anda pilih cukup kreatif dalam membuat konten, seperti melakukan cross platform, yakni mengunggah promosi di beberapa akun media sosial yang dimilikinya.
  • ROI lebih tinggi. Seperti halnya influencer marketing, Key Opinion Leader (KOL) marketing berpeluang menghasilkan Return of Investment (ROI) yang lebih tinggi dibanding dengan saluran yang lebih tradisional jika dilakukan dengan efektif dan tepat.

Untuk memastikan campaign Anda menggunakan KOL marketing berjalan dengan baik, Anda dapat berkonsultasi dengan kami melalui tautan ini. Atau jika Anda ingin mengetahui servis kami lainnya, silakan klik tautan ini.

Artikel Terkait

Perhatikan Tipe KOL Ini Agar Kampanye Brand Anda Sukses
Key Opinion Leader (KOL)
Perhatikan Tipe KOL Ini Agar Kampanye Brand Anda Sukses
Bagi sebuah brand, melakukan promosi melalui figur seseorang yang relevan dan mempunyai nama yang besar akan berdampak signifikan pula bagi...
13 Aug 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 17 =