Perhatikan Tipe KOL Ini Agar Kampanye Brand Anda Sukses. Image

Perhatikan Tipe KOL Ini Agar Kampanye Brand Anda Sukses

Bagi sebuah brand, melakukan promosi melalui figur seseorang yang relevan dan mempunyai nama yang besar akan berdampak signifikan pula bagi citra mereka. Oleh sebab itu, beberapa tipe KOL (key opinion leader) dan influencer kerap diikutsertakan sebagai bagian yang esensial dalam kampanye yang sedang dijalankan.

KOL dan influencer kerap dilihat sebagai term yang serupa, padahal mereka tak sama. Menurut Influencer Marketing Hub, influencer memanfaatkan perkembangan media sosial untuk membangun reputasinya pada bidang tertentu. Di sisi lain, tipe KOL umumnya lebih sering aktif di media tradisional seperti televisi atau radio lantaran pengetahuan dan pengalamannya pada suatu bidang sering dijadikan sumber terbaik untuk kredibilitas media atau brand.

Pada praktiknya, ada beberapa KOL yang sekaligus merupakan influencer dan sebaliknya sehingga tak jarang menimbulkan kerancuan terminologi. Terlepas dari sulitnya membedakan KOL dan influencer ini, ada hal lain yang juga harus Anda perhatikan saat menggunakan KOL atau influencer untuk menyukseskan campaign Anda.

Apa saja? Simak penjelasan berikut ini!

Pilih Tipe KOL Sesuai Kebutuhan Campaign

Tipe KOL dapat diidentifikasi berdasarkan jumlah followers yang dimiliki di akun sosial media mereka, yaitu:

  • Nano-influencers: 1,000 – 10,000 followers
  • Micro-influencers: 10,000 – 50,000 followers
  • Mid-tier influencers: 50,000 – 500,000 followers
  • Macro-influencers: 500,000 – 1,000,000 followers
  • Mega-influencers: 1,000,000+ followers

Meskipun tipe KOL yang berstatus macro atau mega influencer terlihat menggiurkan karena memiliki angka followers yang fantastis dan berpotensi mengangkat eksistensi brand Anda, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan ketika ingin mengajak tipe KOL ini untuk berkolaborasi.

Dilansir dari Influencer Marketing Hub, brand harus merogoh kocek yang lebih besar ketika ingin bekerjasama dengan tipe KOL berstatus macro atau mega influencer. Sayangnya, dari artikel tersebut juga diungkap bahwa mayoritas KOL ini memiliki tingkat engagement yang rendah lantaran kesibukannya sehari-sehari sehingga jarang berinteraksi dengan followers-nya di sosial media.

Jangan Lihat Kuantitas, Prioritaskan Kualitas

Realitanya, serentetan kampanye brand yang sukses rata-rata didukung oleh keterlibatan micro atau nano influencer di dalamnya. Strategi inilah yang menjadi pertimbangan BERT’s saat membantu brand kecantikan, Estetiderma, pada 2020 melakukan kampanye promosi berbagai produk hingga paket perawatan kecantikan mereka.

Kami memilih tipe KOL nano dan mikro untuk mengunggah foto dan video, baik di akun Instagram, TikTok, hingga Youtube mereka. Hasilnya, tingkat awareness dari berbagai produk dan perawatan di klinik Estetidema naik cukup signifikan, terlihat dari capaian 2.500.000+ total impression dan 200.000+ total engagement dalam 4 bulan kampanye yang kami jalankan.

Beberapa pencapaian yang bisa langsung terlihat adalah foto dan video tipe KOL nano dan mikro yang di-repost di akun Instagram Estetiderma maupun di akun pribadi para KOL juga banjir likes dan comment dari para followers. CPE pun bisa dijaga pada 354-378, sedangkan CPI pada 22-34.

Secara keseluruhan, BERT’s sukses melampaui KPI yang ditargetkan Estetiderma hingga 4 kali lipat. Ini tentu merupakan pencapaian yang tidak mudah mengingat kampanye ini dilakukan pada masa pandemi ketika dunia kecantikan ikut merasakan imbas dari pandemi ini.

Berkat pemilihan tipe KOL yang sesuai, BERT’s bisa membantu Estetiderma untuk menyukseskan kampanyenya. Anda pun bisa mendapatkan hal yang sama jika mengizinkan BERT’s membantu memperkuat kampanye brand Anda. 

Untuk menggunakan jasa kami, jangan ragu untuk mengklik tautan berikut atau mengirim e-mail ke busdev@bertsolution.com. Anda juga bisa melihat servis kami yang lain melalui tautan ini atau berkonsultasi langsung dengan tim kami.

Artikel Terkait

Manfaat Menggunakan Key Opinion Leader (KOL) dalam Campaign Anda
Key Opinion Leader (KOL)
Manfaat Menggunakan Key Opinion Leader (KOL) dalam Campaign Anda
Penggunaan jasa Key Opinion Leader (KOL) dalam dunia marketing di era digital ini bukanlah hal yang baru. Banyak juga manfaat...
20 Aug 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 3 =