Gandeng Komunitas, Strategi Kekinian untuk Menyukseskan Kampanye Marketing Brand. Image

Gandeng Komunitas, Strategi Kekinian untuk Menyukseskan Kampanye Marketing Brand

Berkolaborasi bersama komunitas menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa dilewatkan. Menurut seorang ahli neurosains dari University of California Los Angeles bernama Dr. Matthew Lieberman, Ph.D, hal ini dilatarbelakangi karena manusia pada dasarnya memiliki urgensi untuk selalu terkoneksi dengan orang lain.

Sama halnya dengan kampanye marketing. Dalam praktiknya, brand memerlukan bantuan komunitas agar bisa terhubung dengan audiensnya. Oleh sebab itu, brand yang kampanye marketingnya menggandeng komunitas mengakui memperoleh progres yang nyata lantaran kehadiran komunitas membantu brand menjalin hubungan jangka panjang yang lebih baik bersama para pelanggannya.

Tak hanya itu, menggandeng komunitas dalam kampanye marketing juga mendorong brand untuk mendapatkan awareness dari audiens yang lebih relevan, membangun loyalitas pelanggan, meningkatkan promosi word of mouth, hingga membantu brand menerima user generated content dan review otentik langsung dari para pelanggannya.

Peran Komunitas dalam Kampanye Marketing BERT’s 

Di BERT’s, peran komunitas menjadi faktor krusial dalam penyebaran awareness bahkan perolehan engagement sebuah kampanye marketing. BERT’s meyakini jika brand berkolaborasi dengan komunitas yang tepat pada kampanye marketingnya, maka brand tersebut dapat menjangkau kolam audiens yang sesuai dengan target marketnya. Untuk penjelasan lebih lengkap, mari simak beberapa contoh dari klien kami di bawah ini:

  • Isi Piringku

BERT’s membantu Isi Piringku untuk menyebarkan pengetahuan dan edukasi tentang pemenuhan gizi keluarga dalam rangka mencegah stunting melalui kerjasama dengan komunitas ibu, seperti Komunitas Ibu2Canggih dan komunitas ibu lainnya.

  • BebeJourney

BERT’s membantu BebeJourney untuk mengedukasi para ibu baru mengenai pentingnya memperhatikan tumbuh kembang anak sedari dini, mulai dari pembahasan milestone anak, pemenuhan nutrisi yang baik, hingga info jadwal vaksin.  Dari kerjasama ini, BERT’s hadir untuk memfasilitasi kebutuhan edukasi BebeJourney dengan para ahli bersama para member komunitas ibu atau parenting.

  • Bank Jago

BERT’s membantu mengenalkan fitur aplikasi terbaru Bank Jago bernama Kantong Arisan dengan mengadakan aktivitas ‘Kumpul Jagoan’. Aktivitas ini mengajak admin dari grup arisan di komunitas masing-masing untuk merasakan pengalaman arisan lewat fitur Kantong Arisan milik Bank Jago dengan harapan para partisipan dapat memperkenalkan fitur ini kepada para anggota di grup komunitasnya.

Testimoni Klien BERT’s terhadap Penggunaan Komunitas di Kampanye Marketing

Isi Piringku

“Bagi kami di @isipiringku_id, melibatkan komunitasterutama komunitas ibudalam berbagai kampanye yang kami jalankan sangatlah penting agar kami dapat menjangkau lebih banyak ibu untuk menyebarkan awareness lebih luas tentang pemenuhan gizi keluarga dalam rangka mencegah stunting. 

Tentu saja BERT’s sangat membantu dalam kampanye-kampanye tersebut; mulai dari mencarikan komunitas yang sesuai, mengadakan acara yang menjembatani edukasi dari ahli kepada para ibu, menyediakan konten yang edukatif sekaligus fun, hingga menyebarkan materi yang baik kepada jurnalis. Semua bisa dilakukan oleh BERT’s!” 

Rizki Yusrini Pohan, Health & Nutrition Senior Manager Danone indonesia

BebeJourney

“Bagi BebeJourney, komunitas menjadi salah satu channel marketing yang penting karena eksistensinya dapat menjangkau audiens yang mungkin belum tersentuh media mainstream. Kami percaya berkolaborasi dengan komunitas tak hanya membantu memperoleh awareness, namun juga mendorong conversion to purchase dan meningkatkan brand equity.

Dalam praktiknya, BERT’s berperan besar dalam membantu aktivitas kampanye marketing BebeJourney mulai dari mencarikan komunitas yang sesuai, membangun engagement dengan komunitas, hingga mengeksekusi semua target kampanye—termasuk berkolaborasi dengan pihak lain—agar kampanye marketing BebeJourney yang melibatkan komunitas membuahkan hasil maksimal.”

M Armando Siahaan, Assistant Brand Manager Bebelac Core

Dari ulasan di atas, dapat digarisbawahi bahwa berkolaborasi dengan komunitas dalam kampanye marketing menjadi suatu agenda yang wajib digunakan brand. Adanya komunitas berperan sebagai jembatan esensial yang dapat memperantarai brand agar dapat menjangkau audiens sesuai targetnya sehingga pesan yang hendak dibawa dalam kampanye marketing mampu tersampaikan secara efektif.

Jika brand Anda tertarik berkolaborasi dengan komunitas, BERT’s memiliki beberapa in-house community dengan fokus yang beragam sehingga dapat membantu brand Anda menjangkau lebih banyak audiens sesuai target market brand.

Adapun komunitas yang berada di bawah BERT’s antara lain adalah Komunitas Ibu2Canggih yang berisi para ibu modern, Ibu Canggih Finansial yang berisi para financial enthusiasts di kalangan ibu, Ibu dan Bayi Canggih yang beranggotakan para ibu baru, Ikatan Generasi Anti Galau yang berisi lifestyle enthusiasts dan fresh-graduate dari kalangan Gen Z, serta Geng Glowing yang beranggotakan para beauty enthusiasts.

Silakan kirimkan e-mail ke busdev@bertsolution.com atau menghubungi kami melalui tautan berikut jika Anda menginginkan BERT’s untuk membantu menyukseskan kampanye marketing brand Anda. Untuk membaca artikel-artikel kami lainnya, Anda dapat klik di sini atau jika Anda ingin mengetahui servis lain yang kami tawarkan, silakan klik tautan ini.

Artikel Terkait

Survei: E-commerce Menjadi Tempat Belanja Paling Diminati Komunitas Ibu dan Anak Muda
Digital Activation
Survei: E-commerce Menjadi Tempat Belanja Paling Diminati Komunitas Ibu dan Anak Muda
Proses digitalisasi yang terjadi secara masif dari waktu ke waktu berhasil mentransformasi kehidupan manusia. Berkat pesatnya kemajuan teknologi, segala sesuatu...
28 Nov 2022
Cosmos Dukung Mompreneur Lewat Event Ibu Bangga Bisa Canggih
Digital Activation
Cosmos Dukung Mompreneur Lewat Event Ibu Bangga Bisa Canggih
Bisnis makanan dan minuman bisa jadi salah satu alternatif usaha untuk para ibu. Namun, membuka bisnis tentu memerlukan persiapan matang...
30 Sep 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × 1 =