Tingkatkan Awareness Kesehatan Mental Bersama Komunitas. Image

Tingkatkan Awareness Kesehatan Mental Bersama Komunitas

Kesehatan mental adalah hal yang penting untuk diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya generasi masa kini. Terlebih, hasil riset menyatakan anak-anak muda ini mengaku lebih tertekan di masa pandemi karena harus bekerja lebih produktif dibanding sebelumnya.

Menurut hasil laporan U-Report yang dipublikasikan oleh UNICEF pada Agustus 2020 lalu, lebih dari 53% anak-anak muda Indonesia merasakan tekanan untuk tetap produktif selama pandemi. Mayoritas (33%) mengatakan tekanan tersebut menyebabkan mereka kurang konsentrasi selama pembelajaran online, sementara yang lainnya (25%) merasa menjadi mudah tersinggung, marah, atau kesal.

Tak pelak, saat ini pendidikan tentang kesehatan mental adalah salah satu hal yang perlu ditumbuhkan sejak masa muda, atau bahkan sejak dini. Dengan mendalami kesehatan mental sejak muda, para generasi penerus bangsa ini bisa mengantisipasi dan melakukan langkah-langkah solutif untuk menangani permasalahan mereka.

Kesehatan Mental pada Anak Muda di Indonesia

Kesehatan mental adalah kondisi yang menggambarkan sisi emosional, psikologis, dan sosial seseorang. Kesehatan mental mempengaruhi seseorang dalam berpikir, merasa, dan bertindak. Ketika mental sehat, seseorang akan lebih mampu mengelola stress, berpikir, dan berinteraksi dengan orang lain. 

Dengan mendalami tentang kesehatan mental, Anda dapat lebih aware terhadap faktor risiko, dampak, dan cara penanganan berbagai gangguan mental. Hal ini menjadi penting mengingat kesehatan mental adalah keluhan yang tidak memiliki ciri-ciri gangguan fisik sehingga seringkali terlambat disadari oleh penderitanya.

Bagi anak muda, memahami pentingnya kesehatan mental memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • memperkuat kemampuan mereka untuk mengatur emosi
  • memperbanyak kegiatan alternatif bagi mereka dibanding melakukan hal-hal yang membahayakan keselamatan
  • membangun resiliensi dalam menghadapi tekanan dan situasi sulit
  • membangun lingkungan sosial yang suportif

Mulai Bersama Komunitas

Untuk memenuhi kebutuhan remaja dengan kondisi kesehatan mental yang baik, World health Organization (WHO) menyarankan untuk melakukan pendekatan nonfarmakologis. Misalnya, anak-anak muda diberikan ruang sebesar-besarnya untuk mengembangkan potensi tanpa merasa tertekan atau mengalami stres berlebihan.

Salah satu hal yang bisa mereka lakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah bergabung dengan komunitas sebagai wadah pengingat maupun sharing tentang kondisi mereka. Contoh komunitas yang menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda yang concern terhadap kesehatan mental adalah Komunitas Ikatan Generasi (Anti) Galau (@ikan.galau). 

Komunitas Ikan Galau adalah komunitas yang berisi orang-orang lintas generasi, terutama anak muda. Anak-anak muda tersebut berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari SMA, kuliah, fresh graduate, new jobber, dan masih banyak lainnya. 

Selain meningkatkan awareness, Komunitas Ikan Galau dapat menjadi tempat berbagi informasi, pengalaman, dan sharing online para membernya, baik melalui Instagram maupun Whatsapp Group. Komunitas Ikan Galau yang belum genap berusia satu tahun ini sudah memiliki lebih dari 13.000 pengikut di instagramnya. 

Banyaknya member yang sudah gabung di Komunitas Ikan Galau didorong oleh berbagai kolaborasi yang telah dilakukan oleh komunitas tersebut, baik bersama brand maupun para expert. Brand yang telah bekerja sama antara lain cupola.id, sambojaliveaboard, psylution, riliv, dan lain-lain. 

Dengan kerja sama tersebut, Komunitas Ikan Galau dapat mengembangkan komunitasnya melalui berbagai kegiatan, seperti seminar dan kelas online. Semuanya dilakukan untuk menunjang kebutuhan anggota komunitas ini untuk mendalami tentang kesehatan mental.

Kesehatan mental adalah hal yang penting untuk digaungkan di kalangan anak-anak muda. Jika Anda ingin menjadi bagian dalam meningkatkan awareness terhadap kesehatan mental, Anda dapat mengontak Komunitas Ikan Galau melalui e-mail ke community@bertsolution.com atau pesan WhatsApp ke (+62) 813 2603 5476. Anda juga dapat klik di sini untuk mengetahui lebih dalam tentang servis kami lainnya. 

Artikel Terkait

Danone Indonesia dan Ibu2Canggih Ajak Para Ibu Sukseskan ‘Bersama Cegah Stunting’
Digital Activation
Danone Indonesia dan Ibu2Canggih Ajak Para Ibu Sukseskan ‘Bersama Cegah Stunting’
Target menurunkan angka stunting di Indonesia menjadi 14% pada 2024 butuh komitmen dari semua pihak, terlebih prevalensi balita stunting menurut SSGI 2021 masih...
01 Apr 2022
Tanda Kesehatan Mental Ibu Tidak Baik-Baik Saja
Digital Activation
Tanda Kesehatan Mental Ibu Tidak Baik-Baik Saja
Di masa pandemi COVID-19 ini, seorang ibu bukan hanya harus memperhatikan kesehatan fisik keluarga. Kesehatan mental ibu juga tidak boleh...
11 Feb 2022
4 Langkah Mencapai Work-Life Balance
Digital Activation
4 Langkah Mencapai Work-Life Balance
Istilah work-life balance kian populer belakangan ini, terutama di kalangan anak muda yang berstatus pekerja. Work-life balance sendiri mengacu pada...
02 Feb 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × two =