fbpx Cegah Tuberkulosis dengan Berolahraga Bersama TBC Virtual Run & Ride | BERT's
Cegah Tuberkulosis dengan Berolahraga Bersama TBC Virtual Run & Ride. Image

Cegah Tuberkulosis dengan Berolahraga Bersama TBC Virtual Run & Ride

Situasi pandemi COVID-19 menjadi tantangan untuk mewujudkan harapan Indonesia bebas tuberkulosis (TBC) di tahun 2030. Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI dan PT Johnson & Johnson, berinisiatif menyelenggarakan TOSS TBC Virtual Run & Ride pada 17 Agustus hingga 5 September 2021.

TOSS TBC Virtual Run & Ride 2021 adalah bagian dari gerakan sosialisasi publik Ayo TOSS TBC (Ayo Temukan, Obati Sampai Sembuh TBC) dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang penyakit Tuberkulosis (TBC) dan Tuberkulosis Resisten Obat (TBC RO) atau Tuberkulosis kebal obat.

Menurut catatan Kemenkes tahun 2019, Indonesia merupakan negara tertinggi kedua di dunia dengan jumlah penderita TBC terbanyak, yakni sebesar 67% atau 568.987 orang. Untuk memutus rantai ini, TOSS TBC Virtual Run & Ride menyasar generasi muda produktif yang berusia 18 tahun ke atas untuk bergerak aktif dengan berolahraga. 

Tahun ini, para peserta dapat berpartisipasi mengikuti olahraga lari dan bersepeda yang terbagi dalam 4 kategori, yakni Individual 20.3K Run, Individual 76K Ride, 3-Person Group 76K Run, dan 3-Person Group 203K Ride. Seluruh challenge ini dilakukan secara virtual, yakni dengan memasukkan foto atau video peserta melalui dashboard yang disediakan oleh penyelenggara.

TOSS TBC Virtual Run & Ride gandeng Key Opinion Leader (KOL)

BERT’s Solution pun turut serta menyukseskan kampanye untuk tujuan baik ini. Kami bekerja sama dengan PT Johnson & Johnson melibatkan para Key Opinion Leader (KOL) untuk meningkatkan awareness tentang TOSS TBC Virtual Run & Ride 2021 dan pada akhirnya tentang kampanye Indonesia Bebas TBC 2030 itu sendiri.

KOL yang kami pilih bervariasi, mulai dari mega KOL, makro KOL, maupun mikro KOL. Nama-nama yang terpilih antara lain Najwa Shihab, Ayla Dimitri, Daniel Wenas, dan komunitas seperti @Ibu2Canggih @Ikan.Galau dan @geng.glowing. 

Para Key Opinion Leader (KOL) yang bekerja sama dengan BERT’s menjadikan Instagram sebagai channel untuk menyebarkan awareness ini. Mereka bukan hanya mempromosikan event TOSS TBC Virtual Run & Ride, namun juga mengkampanyekan pentingnya melakukan pencegahan penyakit tuberkulosis sejak dini lewat pola hidup sehat dengan berolahraga. 

Berdasarkan report per 16 Agustus 2021, penggunaan KOL ini menghadirkan total reach sebanyak 3,2 juta, impression mendekati 3,9 juta, dan engagement lebih dari 300 ribu. Dari angka ini, Najwa Shihab @najwashihab menyumbang angka reach, impression, dan engagement paling tinggi.

Secara keseluruhan, adanya kerja sama dengan KOL dari berbagai tipe yang memiliki followers dan engagement rate tinggi tersebut membuat campaign ini menarik perhatian para audiens untuk mengikuti TOSS TBC Virtual Run & Ride. Pada akhirnya, para KOL yang kami pilih ini juga turut berpartisipasi dalam mewujudkan tuberculosis awareness di Indonesia.

TBC Virtual Run & Ride tingkatkan tuberculosis awareness

Selain melalui akun-akun Instagram para KOL, campaign ini juga disebarkan melalui Instagram Live Stream dan channel Youtube Narasi TV. Total views yang diperoleh ialah 8459 views atau lebih dari 4 kali lipat target KPI kami, yakni 2000 views.

Event ini pun turut diliput berbagai media, seperti Kompas, Suara,  Antaranews, Beritasatu, dan masih banyak lagi. Hal ini membuktikan bahwa kolaborasi campaign bersama Key Opinion Leader (KOL) yang digaet oleh BERT’s Solution dapat dikatakan mampu meningkatkan awareness terhadap tuberkulosis kepada audiens.Bila Anda ingin melakukan campaign dengan menggunakan Key Opinion Leader (KOL) yang tepat, silakan berkonsultasi dengan mengirim e-mail ke busdev@bertsolution.com atau klik tautan ini. Anda juga dapat mengetahui servis kami lainnya dengan mengklik tautan ini.

Artikel Terkait

Keseruan Playdate #BeraniMandiri untuk Merayakan Hari Anak Nasional Bersama Eskulin Kids dan Komunitas Ibu-Ibu Canggih
Digital Activation
Keseruan Playdate #BeraniMandiri untuk Merayakan Hari Anak Nasional Bersama Eskulin Kids dan Komunitas Ibu-Ibu Canggih
Pada tanggal 23 Juli 2023 lalu, acara Playdate #BeraniMandiri telah sukses diselenggarakan untuk memperingati Hari Anak Nasional di Ganara Art, Plaza Indonesia...
31 Jul 2023
BERT’s Creators Day Out: Memperkuat Relasi dan Kreativitas melalui Komunitas
Digital Activation
BERT’s Creators Day Out: Memperkuat Relasi dan Kreativitas melalui Komunitas
Tergabung dalam komunitas memberikan manfaat yang signifikan bagi content creators, termasuk terbukanya peluang untuk kolaborasi, bertukar ide, mendapat dukungan emosional...
14 Jul 2023
Komunitas Geng Glowing: Membangun Awareness untuk Beauty Brands di BeautyFest Asia 2023
Digital Activation
Komunitas Geng Glowing: Membangun Awareness untuk Beauty Brands di BeautyFest Asia 2023
Creators dari Komunitas Geng Glowing berkumpul mengikuti acara talkshow di BeautyFest Asia (Jakarta, 3 Juni 2023) BeautyFest Asia telah menjadi acara terkemuka...
22 Jun 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *