Momfluencer Adalah Kunci Brand Marketing, Kenali 3 Peran Pentingnya!. Image

Momfluencer Adalah Kunci Brand Marketing, Kenali 3 Peran Pentingnya!

Dengan semakin berkembangnya dunia digital, brand marak menggunakan influencer—terutama momfluencer—sebagai channel untuk mempromosikan produknya di media sosial. Namun, apa sebenarnya momfluencer? Momfluencer adalah para ibu yang menggunakan platform media sosial untuk mempengaruhi orang lain dengan menjual ide keibuan berupa pengalaman mereka sendiri termasuk review, rekomendasi produk, hingga saran terkait metode parenting.

Faktanya, 83% momfluencer merupakan ibu milenial yang menghabiskan waktunya lebih dari delapan jam sehari untuk online dan dianggap memberi pengaruh signifikan dalam komunitas mereka di media sosial. Kebanyakan dari momfluencer akan memberikan testimoni jujur dari sebuah brand yang telah dicobanya sesuai pengalaman pribadi, sehingga publik cenderung menaruh kepercayaan terhadap apa yang dikatakan momfluencer. 

Jadi, apa yang sebenarnya membedakan mereka dari influencer media sosial biasa?  Momfluencer adalah seorang ibu dan seorang influencer.  Lebih lagi, momfluencer merupakan ibu yang “serba bisa”. Mulai dari merawat anak dan urusan rumah tangga, hingga meluangkan waktu untuk berpose dan membuat konten inspiratif guna dibagikan ke audiensnya.

Peran Penting Momfluencer bagi Brand

Berdasarkan survei dari theinfluenceagency.com tentang brand marketing, dengan menggunakan momfluencer yang relevan, brand dapat dengan mudah masuk ke dalam komunitas yang sesuai dengan target audience mereka untuk melakukan promosi. Maka dari itu, peran momfluencer sangat penting untuk marketing brand, berikut penjelasan lebih lengkapnya:

1. Membangun komunitas yang kuat dengan para audiens

Mayoritas momfluencer adalah ibu rumah tangga yang sibuk mengurus anak di rumah. Untuk menghilangkan kepenatannya menjalankan peran seorang ibu, mereka membutuhkan pelampiasan psikologis. Salah satunya dengan aktif di media sosial untuk bertukar cerita, perasaan, pengalaman pribadi ataupun tips kehidupan sehari-hari.

Tak jarang, momfluencer juga membagikan rekomendasi tentang produk atau jasa yang mereka gunakan sehari-hari. Konten-konten rekomendasi ini dilihat audiens lebih orisinal dan mempunyai ikatan emosional yang kuat, sehingga mampu menghasilkan keterlibatan tinggi di media sosial.

2. Konten mereka memikat para audiens

Kebanyakan momfluencer adalah para ibu yang menjadikan pekerjaan influencer sebagai sumber penghasilan. Hal ini yang menjadi pacuan para momfluencer untuk memperhatikan kualitas konten mereka agar menarik dan informatif saat dipublikasikan di media sosial.


Alhasil, konten momfluencer pun bervariasi. Tak hanya review produk atau sharing pengalaman sehari-hari, banyak dari mereka juga membuat konten bersama keluarga. Konten-konten seperti ini dianggap menarik bagi audiens. Sebab, influencer secara tidak langsung memamerkan sisi kehidupannya yang harmonis untuk dilihat sehingga menggerakan audiens untuk menekan tombol like pada postingannya.

3. Momfluencer sudah banyak dicari untuk mempromosikan brand

Kini, bekerja sama dengan momfluencer adalah hal yang normal—bahkan menjadi kewajiban—jika brand ingin produknya mendapat awareness dari masyarakat. Hal ini dikarenakan momfluencer terbukti efektif dalam membangun word of mouth terhadap audiensnya. Akibatnya, banyak brand yang berskala kecil maupun besar menjadi tertarik untuk bekerja sama dengan momfluencer dalam mempromosikan produk brand miliknya.

Manfaatkan Mom Community

Anda bingung untuk mencari momfluencer yang tepat dalam menjalankan strategi marketing brand? Lakukanlah riset dengan terjun ke komunitas ibu yang ada di media sosial, seperti Komunitas Ibu Canggih.

Komunitas ibu ini memiliki 106K+ followers aktif di Instagram dan loyal members sebanyak 4,6K+ yang tersebar di beberapa kota Indonesia. Tak hanya itu, Anda bisa mengetahui referensi  momfluencer yang digandrungi para ibu, termasuk menemukan momfluencer mikro atau nano yang bisa diajak partnership untuk memenuhi kebutuhan marketing Anda. Beberapa brand yang tercatat pernah bekerja sama dengan Komunitas Ibu Canggih adalah Bebelac, Nutrilon, Wardah, hingga Digibank by DBS.

Untuk mengetahui Komunitas Ibu Canggih lebih lanjut, Anda bisa klik tautan ini atau follow dan kunjungi @ibu2canggih di Instagram.Jika Anda tertarik untuk berkolaborasi dengan Komunitas Ibu Canggih, silakan klik di sini atau kirimkan email ke busdev@bertsolution.com. BERT’s Solution juga menyediakan servis lainnya yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Klik di sini untuk informasi lebih lengkap.

Artikel Terkait

Digital Campaign Adalah Kunci Marketing, Cek 4 Strateginya
Brand Marketing
Digital Campaign Adalah Kunci Marketing, Cek 4 Strateginya
Perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini menjadikan strategi marketing banyak yang bertransformasi ke arah digital seiring dengan meningkatnya tren...
20 May 2022
Rekomendasi 4 Body Care Terbaik yang Bikin Kulit Glowing
Brand Marketing
Rekomendasi 4 Body Care Terbaik yang Bikin Kulit Glowing
Selain wajah, kesehatan kulit tubuh juga memiliki peran yang sama pentingnya. Berbagai brand produk skincare pun punya rangkaian body care...
13 May 2022
Fenomena Artis Korea yang menjadi Brand Ambassador Skincare Lokal
Brand Marketing
Fenomena Artis Korea yang menjadi Brand Ambassador Skincare Lokal
Saat ini, Korean wave atau demam Korea, mulai dari K-Drama (drakor), fashion, hingga K-Pop, menjadi fenomena yang terjadi pada semua...
29 Apr 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.

19 − three =