4 Keuntungan Melibatkan Skincare Community dalam Campaign Brand Anda. Image

4 Keuntungan Melibatkan Skincare Community dalam Campaign Brand Anda

Media sosial menjadi primadona bagi berbagai produk skincare sebagai channel marketing selama beberapa tahun terakhir. Menurut laporan State of Influence: Beauty dari Traackr, postingan influencer dan skincare community tentang perawatan kulit meningkat 39% dengan engagement rate melonjak 164% dari 2019 hingga 2020.

Meroketnya angka ini kurang-lebih juga disebabkan oleh adanya pergeseran preferensi dari para beauty-enthusiasts, terutama dari para Generasi Z dan Generasi Y. Berdasarkan penelitian dari ZAP Beauty Index pada 2020, wanita dari kalangan Gen Z (26,7%) dan Gen Y (16,1%) mengaku termotivasi untuk merawat diri karena melihat postingan influencer yang mereka ikuti di medsos. 

Sementara untuk mencari rekomendasi produk, para pengguna media sosial lebih percaya dengan anjuran dari sesama beauty enthusiasts yang tergabung dalam skincare community. Hal ini sejalan dengan hasil survei Nielsen yang menyatakan 84% konsumen lebih percaya terhadap rekomendasi produk dari orang-orang yang mereka kenal.

Keunggulan skincare community

Bagi brand, melibatkan skincare community dalam campaign dapat menghadirkan banyak keuntungan.

“menggunakan skincare community, Anda dapat menjangkau khalayak yang memiliki interest yang sama dalam hal kecantikan.” 

Secara garis besar, berikut keuntungan yang dapat Anda rasakan ketika bekerja sama dengan skincare community:

  • Menjangkau pasar yang luas dan sesuai. Skincare community memiliki ribuan hingga jutaan member yang tersebar di banyak tempat, dan biasanya memiliki satu interest, misalnya produk kosmetik atau skincare. 
  • Meningkatkan brand awareness dan brand trust. Para anggota skincare community dapat memberi ulasan yang positif terhadap produk Anda. Ulasan tersebut dapat ikut memengaruhi tingkat kepercayaan anggota lain di dalam komunitas terhadap brand yang sama.
  • Memaksimalkan digital activation. Bersama dengan skincare community, Anda dapat memilih berbagai digital activation, seperti webinar, kelas WhatsApp, live streaming, dan lain-lain. 
  • Menjangkau pakar dan key opinion leader (KOL) terdekat dengan audiens. Beberapa skincare community biasanya memiliki key opinion leader (KOL) maupun pakar yang memiliki peran yang besar, karena pelanggan cenderung mendengarkan rekomendasi dari sumber yang mereka percayai.

Pilih skincare community yang tepat

Ada banyak skincare community di luar sana, mana yang tepat untuk brand Anda? 

Salah satu skincare community yang dapat Anda ajak kerja sama adalah komunitas Geng Glowing (@geng.glowing). Komunitas online ini merupakan salah satu skincare community Indonesia yang berada di bawah naungan BERT’s. 

Komunitas ini mayoritas berisi anak muda yang menyukai isu tentang kecantikan, seperti skincare, make-up, sampai kesehatan kulit. Akun Instagram Geng Glowing pun cukup aktif dalam menyebarkan edukasi, bahkan memiliki program beauty class yang diadakan dengan menghadirkan influencer dan para skin expert

Meski belum genap berusia satu tahun, skincare community ini berkembang cukup pesat dengan memiliki lebih dari 6.000 followers hingga awal Januari 2022. Engagement rate Geng Glowing pun stabil di kisaran 15,06% dengan reach lebih dari 132.000 akun, impression sebesar 373.241, dengan rata-rata likes per post sebanyak 226. 

Hingga saat ini, Geng Glowing telah melakukan kerja sama dengan berbagai brand besar, seperti Wardah, The Clinic, Make Over, Ryoona, dan lainnya. Tertarik untuk bekerja sama dengan skincare community Geng Glowing? Anda dapat mengirim pesan ke community@bertsolution.com atau WhatsApp ke (+62) 813 2603 5476. 

Untuk berdiskusi lebih lanjut dengan BERT’s, Anda dapat menghubungi kami melalui tautan ini atau klik di sini untuk mengetahui lebih dalam mengenai servis kami lainnya.

Artikel Terkait

Ide Konten Ramadhan untuk Optimalkan Digital Marketing Brand
Digital Marketing
Ide Konten Ramadhan untuk Optimalkan Digital Marketing Brand
Selama Ramadhan, banyak brand berlomba-lomba menjalankan strategi marketing berbeda untuk menyesuaikan momen di bulan suci ini. Berbagai ide konten Ramadhan...
15 Apr 2022
Hindari 4 Kesalahan dalam Marketing Ini Saat Melakukan Campaign
Digital Marketing
Hindari 4 Kesalahan dalam Marketing Ini Saat Melakukan Campaign
Tahukah Anda bahwa 80% rencana marketing yang dibuat oleh berbagai perusahaan berujung dengan kegagalan? Ya, hasil survei yang dipublikasikan oleh McKinsey...
04 Feb 2022
4 Strategi Jitu YouTube Marketing yang Harus Anda Kuasai
Digital Marketing
4 Strategi Jitu YouTube Marketing yang Harus Anda Kuasai
YouTube adalah salah satu platform digital terbesar dan paling banyak dikunjungi di dunia dengan tak kurang dari 2.2 miliar pengguna pada...
22 Jan 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nineteen − seventeen =