3 Fakta Tentang Pentingnya Hidrasi Tubuh sebagai Investasi Kesehatan. Image

3 Fakta Tentang Pentingnya Hidrasi Tubuh sebagai Investasi Kesehatan

Tahukah Anda, tubuh manusia terdiri dari 60% air. Karenanya, hidrasi tubuh atau kecukupan cairan dalam tubuh sangat penting untuk dijaga agar metabolisme sel berfungsi sehingga peran air sebagai media reaksi metabolik tubuh dapat berjalan dengan baik. 

Namun, penelitian pada 2018 menemukan sebanyak 28% orang dewasa dan 22% anak di Indonesia belum memenuhi kebutuhan asupan cairan hariannya. Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan mulut kering, mudah lelah, cemas, gangguan mood, konsentrasi dan daya ingat menurun, infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan gangguan kesehatan lainnya. 

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019, konsumsi air yang dianjurkan adalah sekitar 2 liter dalam sehari dengan prinsip hidrasi sehat yakni sesuai kebutuhan usia, jenis kelamin, aktivitas fisik dan kondisi lingkungan untuk menjaga keseimbangan cairan. Hidrasi yang sehat membantu memaksimalkan fungsi pita suara, mencegah demensia (pikun), meningkatkan konsentrasi anak, dan menghasilkan ASI yang berkualitas.

Agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, ada 3 cara yang dapat dilakukan.

1. Rajin minum air putih

Yuk, jaga hidrasi tubuh dengan rajin minum air putih setiap hari. Isi botol atau gelas dengan air putih dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau. Konsumsi sayur dan buah yang tinggi kandungan air seperti: semangka, melon, jeruk, tomat, selada, sup, dan masih banyak lainnya. Batasi konsumsi jus buah dan ganti minuman berperisa dengan air putih. 

Jika Anda telah berkeluarga, ajak anak “toast” atau bersulang sebelum minum, dan beri mereka botol minum lucu agar aktivitas minum jadi menyenangkan. Untuk anggota keluarga yang tergolong lanjut usia, ingatkan mereka untuk minum air minimal 1.5 liter sehari. Ini penting karena kemampuan ginjal lansia memfiltrasi air di tubuhnya menurun sehingga rentan dehidrasi. 

2. Mengkampanyekan pentingnya hidrasi

Anda bisa ikut andil menyebarkan awareness pentingnya hidrasi tubuh dengan memberikan edukasi kepada orang terdekat selain keluarga, misalnya kerabat, rekan kerja bahkan tetangga. Misalnya, Anda dapat menginspirasi rekan kerja atau teman dengan mengunggah kebiasaan minum air di sosial media seperti selalu membawa botol berisi air minum saat beraktivitas hingga memilih air putih saat acara makan bersama.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti penyuluhan, seminar, workshop maupun melalui program pengabdian masyarakat tentang hidrasi sehat oleh tenaga kesehatan bersama keluarga, kerabat, teman, atau tetangga. Bila perlu gunakan aplikasi water tracker dengan memasukkan jumlah air yang telah dikonsumsi untuk memudahkan Anda memantau asupan air harian. 

3. Mencari informasi dari sumber terpercaya

Guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya hidrasi tubuh, carilah informasi secara online maupun offline dari sumber terpercaya. Salah satunya Indonesian Hydration Working Group (IHWG) yang didirikan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) sejak 2012. 

Bersama Danone-AQUA, IHWG bertujuan untuk meningkatkan awareness terhadap pentingnya hidrasi sehat di Indonesia dengan kampanye melalui berbagai media, seperti di Instagram @ihwg. IHWG memiliki informasi hidrasi, materi edukasi, dan jurnal publikasi ilmiah yang terverifikasi expert dari tim FKUI. 

BERT’s Solution turut serta menyukseskan kampanye baik ini melalui activation berupa hydration knowledge, giveaway, healthy hydration tips & trick, dan reminder content untuk menarik awareness audiens. Berdasarkan report bulan Maret-Agustus 2021, IHWG mendapatkan total followers online sebanyak +5.963, 456.178 reach, dan 49.11% engagement rate. Hal ini membuktikan bahwa kampanye hidrasi sehat IHWG yang dikelola oleh BERT’s dapat dikatakan mampu meningkatkan awareness kepada audiens. Tertarik mengampanyekan pesan melalui brand Anda bersama kami? Silakan berkonsultasi dengan mengirim e-mail ke busdev@bertsolution.com atau klik tautan ini. Anda juga dapat mengetahui servis kami selengkapnya dengan mengklik tautan ini.

Artikel Terkait

Tingkatkan Awareness Stunting di Indonesia, Ini yang Kami Lakukan
Digital Activation
Tingkatkan Awareness Stunting di Indonesia, Ini yang Kami Lakukan
Bukan rahasia bahwa masalah stunting di Indonesia masih menjadi momok yang mengintai generasi masa depan di Negeri ini. Dibutuhkan berbagai...
19 Oct 2021
Cegah Tuberkulosis dengan Berolahraga Bersama TBC Virtual Run & Ride
Digital Activation
Cegah Tuberkulosis dengan Berolahraga Bersama TBC Virtual Run & Ride
Situasi pandemi COVID-19 menjadi tantangan untuk mewujudkan harapan Indonesia bebas tuberkulosis (TBC) di tahun 2030. Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan...
01 Oct 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + five =